Home » » 10 Hari di Tengah Hutan, Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Jamin Patok Batas Negara Aman

10 Hari di Tengah Hutan, Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Jamin Patok Batas Negara Aman

Ditulis oleh : Unknown pada Jumat, 27 September 2019 | 23.44

Penkostrad. Sabtu, 28 September 2019). Dalam tugasnya sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, Satgas Yonif Raider 303 Kostrad secara rutin dan terjadwal melaksanakan tugas patroli guna memastikan bahwa patok-patok batas negara tersebut tetap berada dalam keadaan aman dan tidak bergeser oleh pelanggar batas wilayah. Sudah menjadi kewajiban di wilayah tanggung jawabnya, Satgas Yonif Raider 303 Kostrad yang bertugas di  wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memiliki patok batas negara yang harus di pantau dan di monitor terus keberadaanya untuk mengantisipasi bergesernya patok batas negara. 

seperti yang dilakukan Satgas Yonif Raider 303 Kostrad dibawah pimpinan Komandan Pos Latang Satgas Pamtas Yonif Raider 303 Kostrad Letda Arh Cahyo bersama anggotanya mengamankan patok-patok batas negara tersebut tetap ada pada posisinya, Satgas Yonif Raider 303 Kostrad melaksanakan patroli ke patok-patok batas tersebut, dengan memakan waktu 10 hari dengan berjalan kaki di tengah hutan belantara Kalimantan yang memiliki ketinggian yang curam dan licin serta cuaca berkabut. 

Setelah melakukan perjalanan patroli yang cukup berat dan berhari-hari, dikarenakan keadaan geografisnya yang terjal dan berbelok-belok dengan medan yang cukup berat melalui hutan belantara. akhirnya Tim Patroli Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad tiba di patok batas dan untuk kemudian dilaporkan kepada Pos Kotis dalam keadaan aman posisinya seperti keadaan sebelumnya pada patroli terdahulu. 

Sesuai dengan tugas pokok Satgas, bahwa salah satu tugas utama setiap Satgas Pamtas yaitu bertanggung jawab terhadap keberadaan patok-patos batas negara yang harus di pantau terus dengan melakukan patroli untuk meninjau secara langsung posisi patok batas yang telah ditentukan sesuai koordinat di peta. 

Untuk melakukan kegiatan patroli patok batas tersebut, dibutuhkan perencanaan yang matang disertai kesiapan personel, materiil dan logistik yang memadai, karena jarak masing- masing patok batas cukup jauh jika dilalui di medan sebenarnya. 

Disamping itu patroli patok batas bertujuan pula untuk mengantisipasi pelanggar batas wilayah yang memasuki batas negara secara ilegal dan mengantisipasi pencurian terhadap sumber daya alam negara seperti ilegal loging dan sebagainya. Hal itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawan Satgas Pengamanan Perbatasan seperti yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 303 Kostrad.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM