Home » » Bangkitkan Ekonomi Papua,Satgas Yonif R 509 Bangun Jalan di Pegunungan Bintang

Bangkitkan Ekonomi Papua,Satgas Yonif R 509 Bangun Jalan di Pegunungan Bintang

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 17 September 2019 | 03.55

Bidikfakta.com- JAKARTA,tniad.mil.id - Pembangunan jalan sepanjang 2.000 meter yang menghubungkan dua kampung di Distrik Oksibil, Kabupaten Pengunungan Bintang oleh Satgas Yonif Raider 509/K tidak hanya membantu kelancaran aktivitas warga, namun juga untuk membantu meningkatkan ekonomi Papua secara umum.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H.,Psc., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (17/9/2019).

Diungkapkan Dansatgas, pembangunan sekaligus pengecoran jalan yang dilaksanakan personel Satgas dibantu warga sekitar pada Senin (16/9/2019) ini, dipimpin Danki B Satgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad, Lettu Inf Rahmat Hidayat.

"Anggota Satgas bersama warga bergotong-royong melaksanakan perbaikan jalan sepanjang 2.000 meter,karena jalan ini merupakan akses utama penghubung antara Kampung Kutdol dan Kampung Molbid di Distrik Oksibil," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan jalan sepanjang 2.000 meter dengan lebar 2 meter dan ketebalan 15 cm ini ditujukan untuk mempercepat akses lalu lintas dan membangkitkan perekonomian warga, yang selama ini hanya jalan tanah, di saat musim penghujan licin dan jeblok sehingga sulit dilalui kendaraan.

"Selama ini warga begitu kesulitan dalam melakukan aktivitas, termasuk mengangkut hasil bumi juga terkendala, karena kendaraan roda empat dan dua tidak bisa melewatinya," jelasnya.

Di tempat terpisah, Lettu Inf Rahmat Hidayat menjelaskan bahwa sudah hampir satu minggu prajurit bersama warga melaksanakan perbaikan, mulai dari menata batu sampai dengan pengerasan jalan.

"Hari ini kita juga melaksanakan pengecoran di lokasi, dan diharapkan dalam satu minggu ke depan jalan penghubung antar kampung ini sudah bisa dilalui kendaraan roda empat dan dua," urainya.

Dijelaskan pula, walau dalam pengerjaan ada sedikit hambatan, dimana kontur jalan yang rusak, menurun, dan berbelok-belok menjadi tantangan bagi Satgas untuk segera merampungkannya.

"Tapi dengan semangat gotong-royong bersama warga, total hingga semalam pengecoran di Kampung Kutdol ini sudah lebih dari 1.000 meter dan akan berlanjut lagi sampai rampung," kata Rahmat.

Sementara itu Ketua Kampung Kutdol, Pilemon Uropmabin, mengatakan warga dengan senang hati dirinya bersama warga ikut bergotong-royong memperbaiki jalan desa, agar aktivitas warga termasuk anak-anak berangkat sekolah tidak terganggu lagi.

"Bapak Satgas sudah kami anggap sebagai keluarga sendiri. Kepedulian mereka menggugah kesadaran kami untuk bahu-membahu ikut membangun kampung ini," tuturnya.

"Terima kasih kepada bapak Satgas yang sudah membantu membangun jalan penghubung di kampung ini. Ke depan kegiatan seperti ini bisa berkesinambungan dalam memajukan pembangunan di kampung ini," pungkas Pilemon Uropmabin. (Dispenad)

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM