Home » » Berbagai Pihak Dukung Aparat Tindak Tegas Pelaku Aksi Demonstrasi Yang Berujung Anarkis di Papua

Berbagai Pihak Dukung Aparat Tindak Tegas Pelaku Aksi Demonstrasi Yang Berujung Anarkis di Papua

Ditulis oleh : Unknown pada Senin, 02 September 2019 | 22.34

Bidikfakta.com- Berbagai Pihak Dukung Aparat Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua, Frits Ramandey mengatakan, pihaknya mendukung penegakkan hukum yang sedang dilakuka oleh Polda Papua dan Polres Jayapura Kota kepada para oknum massa pendemu yang berujung anarkisme. 

"Iya, para penanggungjawab demo harus diminta keterangan dan para pelaku pembakaran dan penjarahan juga harus dimintai pertanggungjawaban," kata Frits di Kota Jayapura, Papua, Senin. 

Ia mengaku sepakat dan mendukung sikap dari Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian yang memerintahkan jajarannya di Polda Papua hingga di Polres Jayapura Kota untuk menindak tegas aksi yang tidak terpuji tersebut.

Selain itu, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menegaskan, siapapun yang terlibat dalam kerusuhan di tanah Papua harus ditindak dan diproses secara hukum. Termasuk, kata Abdul, jika ada dugaan jaringan internasional dalam kerusuhan di tanah Papua tersebut. 

"Semua pelaku,dalang dan aktor intelektual baik didalam maupun diluar negeri harus bertanggung jawab dan diseret ke pengadilan sebagai bentuk keadilan masyarakat Papua dan penegakan hukum di seluruh Tanah Air Republik Indonesia," ujar Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari, dalam keterangannya, Senin (2/9/2019)

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dr  Komarudin Watubun meminta aparat penegak hukum di Papua dan Papua Barat bertindak tegas terhadap para pelaku aksi anarkistis. Dampak aksi anarkistis dirasakan sebagian besar masyarakat di wilayah timur Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Pelaku harus ditindak tegas sesuai dengan aturan hukum," kata politikus PDIP sebelum ke Jayapura dari Biak, Senin. 

Komarudin Watubun mengatakan, demo yang berujung pembakaran dan perusakan fasilitas fasilitas publik telah menganggu aktivitas perekonomian masyarakat. 

Sementara, Juru Bicara DPP PSI, Surya Tjandra di Jakarta, mengatakan "Kami menyerukan semua pihak untuk menghentikan kekerasan dan meminta ditegakkannya hukum di tanah Papua." 

"Semua yang bersalah harus segera ditangani sesuai hukum yang berlaku, kekerasan hanya bisa dihadapi dengan penegakan hukum yang tanpa kecuali," kata dia.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM