Home » » Kepala Bakamla RI Jadi Pembicara FGD Kemenpan RB

Kepala Bakamla RI Jadi Pembicara FGD Kemenpan RB

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 17 September 2019 | 03.53

Bidikfakta.com- Selasa, 17 September 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard) Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R., hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di salah satu hotel Jakarta Selatan, Selasa (17/9/19).

Forum diskusi bertema "Evaluasi/Audit Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Kementerian Bidang Perekonomian dan Kemaritiman" dipimpin Kemenpan RB Bidang Asesman dan Penyiapan Koordinasi Kelembagaan dan Tata Laksana Ario Wiriandhi, S.T., M.M. Kegiatan FGD Kemenpan RB ini adalah sebagai audit kelembagaan yang dilakukan secara independence oleh konsultan. Hasil masukan setiap Lembaga Pemerintah Non Kementerian akan diolah dan dikomplikasikan dengan instansi terkait lain yang memiliki tupoksi hampir sama untuk mewujudkan keamanan maritim nasional dan internasional yang mampu menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia serta mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.

Selaku narasumber, ada beberapa hal yang disampaikan Kepala Bakamla dalam paparannya, antara lain fungsi Bakamla yang mengemban tugas Indonesian Coast Guard sebagai penjaga keselamatan laut (maritime safety), penjaga keamanan laut (maritime security), dan fungsi sebagai Komponen Cadangan (Komcad) pertahanan dalam aspek maritim (maritime defence). Dimana hal ini merujuk pada fungsi Coast Guard internasional yakni sebagai penegak hukum, keselamatan pelayaran, SAR, perlindungan lingkungan hidup dan pendukung pertahanan.

Ditambahkan pula, saat ini organisasi Bakamla bersifat administratif perlu diubah menjadi organisasi yang bersifat operasional sehingga tupoksi Bakamla sebagai Coast Guard dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan besar harapan Bakamla menjadi organisasi representatif, tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran. Fungsi penyidikan kedepannya juga didorong agar dimiliki Bakamla sehingga pelaksanaan patroli dan operasi Kamla akan inline dengan penuntutan di persidangan.

Pimpinan tertinggi Bakamla RI tersebut juga menyampaikan, validasi organisasi melalui restrukturisasi organisasi di lingkungan Bakamla sangat urgent untuk ditindak lanjuti dikarenakan dengan struktur organisasi Bakamla saat ini masih belum dapat adaptif terhadap perubahan lingkungan organisasi yang terjadi didalam dan diluar organisasi mengingat kompleksitas perubahan geopolitik dan teknologi memainkan peranan kunci terhadap permasalahan keamanan dan keselamatan maritim.

Kehadiran Laksdya Taufiq juga didampingi pejabat Bakamla RI lainnya, yaitu Deputi Jakstra Laksda Bakamla Drs. Hariadi, S.H., Direktur Operasi Udara Maritim Laksma Bakamla Guntur Wahyudi, Direktur kebijakan Laksma Bakamla I.G.N.A.Y. Endrawan, S.H., M.H., Kepala Biro Perencanaan Laksma Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Kabag Organisasi dan Tata laksana Kolonel Bakamla Bambang Widiatmoko, S.A.P., M.M., Kasubdit HI dan PUU Bakamla Letkol Bakamla Hudiansyah Ia Nursal, S.H., M.I.L.I.R.

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI Letkol Bakamla Mardiono

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM