Home » » Pemerintah Akan Pulihkan Jaringan Internet Secepatnya Jika Kondisi Membaik

Pemerintah Akan Pulihkan Jaringan Internet Secepatnya Jika Kondisi Membaik

Ditulis oleh : Unknown pada Rabu, 04 September 2019 | 01.10

Bidikfakta.com- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pemerintah akan membuka kembali akses internet di Papua dan Papua Barat pada 5 September 2019. Dengan catatan, kondisi di wilayah Papua harus sudah betul-betul kondusif.

"Tanggal 5 (September) nanti kalau keadaan betul-betul kondusif, kita buka kembali internet," ujar Wiranto di gedung Kemenko Polhukam, Selasa (3/9). Menurut dia, pembatasan internet di Papua dan Papua Barat merupakan reaksi dari kondisi yang terjadi dianggap membahayakan keamanan nasional.

Ia mengatakan, banyak pihak yang campur tangan dengan menggunakan kesempatan untuk ikut membahayakan dengan media sosial. "Sehingga, sulit bagi kami aparat keamanan menstabilkan daerah itu. Salah satunya karena apa, kebebasan media,\" tutur Wiranto.

Menurut Wiranto, kondisi di Papua saat ini sudah mulai berangsur-angsur kondusif dan normal. Sejumlah hoaks atau berita bohong sudah berkurang, hasutan-hasutan sudah hampir tidak ada, serta suasana daerah cenderung positif dan stabil.

Wiranto mengklaim, jaringan internet di Papua dan Papua Barat tak seluruhnya ditutup, tetapi hanya dibatasi. Ia menyebutkan, internet hanya diperlambat dan gambar-gambar tak bisa dikirim.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menurunkan level pembatasan internet dari tingkat provinsi ke level kabupaten-kota yang ada di Papua dan Papua Barat. Kominfo berkoordinasi dengan Polri hingga pihak intelijen terkait kabupaten-kota yang dilakukan pembatasan internet.

"Kita sudah membuat skenario untuk menurunkan level pembatasan, nah pembatasan yang sekarang dilakukan adalah pembatasan terhadap layanan data kan, berdasarkan provinsi, Papua dan Papua Barat. Nah yang disiapkan skenarionya adalah, pembatasan masih ada tetapi levelnya diturunkan ke tingkat kabupaten atau kota," kata Menkominfo Rudiantara di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM