Home » » SMK Yadika Melaksanakan Pembentukan Karakter di Yonkav 8 Kostrad

SMK Yadika Melaksanakan Pembentukan Karakter di Yonkav 8 Kostrad

Ditulis oleh : Unknown pada Rabu, 04 September 2019 | 21.27

(Penkostrad. Kamis, 5 September 2019).  SMK Yadika melaksanakan pembentukan Karakter guna menamkan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) sifat nasionalisme, patriotisme serta kepribadian bertempat di Yonkav 8 Kostrad, Beji, Pasuruan. Senin (2/9).

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem yang menanamkan nilai-nilai karakter kepada seorang individu yang meliputi beberapa aspek untuk tujuan dirinya sendiri, orang lain, lingkungan maupun bangsa dan negara. 

Pengertian karakter secara singkat adalah watak, sifat, akhlak ataupun kepribadian yang menjadi pembeda antara individu dengan individu lain. Berdasarkan pengertian diatas karakter seseorang dapat dibentuk menjadi lebih baik dengan tujuan yang lebih besar. Akan tetapi untuk membentuk suatu karakter kita harus menanamkan doktrin yang baik serta membutuhkan subjek yang tepat dari pembentuk karakter tersebut agar nantinya dapat berkembang menjadi kepribadian yang hebat. 

Sejak 30 Agustus hingga 1 September 2019, sebanyak 322 orang siswa maupun siswi dari SMK Yadika melaksanakan pendidikan karakter di Yonkav 8 Kostrad. Hal ini merupakan suatu bentuk kegiatan yang sangat positif, dimana SMK Yadika dan Yonkav 8 Kostrad bekerja sama dalam menyempurnakan kepribadian generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. 

Kegiatan yang diselenggarakan di dalam Ksatrian Yonkav 8 Kostrad ini tidak hanya bermaterikan tentang Wawasan Kebangsaan, namun disana juga ditanamkan moral yang baik sebagai generasi penerus dan juga materi untuk memupuk mental-mental pejuang bagi anak-anak yang terbilang sedang mengalami proses dewasa.

Komandan Batalyon Kavaleri 8 Kostrad, Letnan Kolonel Kav Suntara Wisnu  Budi Hidayanta, S.H. mengungkapkan, bahwa pendidikan karakter merupakan hal utama pada umur mereka saat ini yang sedang mengalami proses pendewasaan.

Yonkav 8 Kostrad sebagai perwakilan dari salah satu instansi militer yang berkarakter, dinilai tepat untuk menjadi mentor sebagai pembentukan pendidikan karakter bagi siswa maupun siswi SMK Yadika. Instansi militer sejatinya sudah ditanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi serta militansi dengan mental juang yang tidak perlu diragukan lagi. Alasan tersebut yang menjadikan Yonkav 8 Kostrad sebagai instansi yang dipercaya untuk memberikan materi yang diperlukan dalam membentuk kepribadian yang hebat.

Indonesia merupakan negara yang kuat dan negara yang kuat dapat dinilai dari kualitas generasi penerusnya. Kepribadian, mental juang, sifat nasionalisme, patriotisme itu semua merupakan aspek yang harus dipupuk pada generasi penerus Indonesia. 

"Pelajaran dari bapak-bapak tentara tidak akan pernah saya lupakan, dari mereka saya lebih mencintai Pancasila dan NKRI, terimakasih Pak Tentara," tambah dari Muhamad Fauzi, salah satu siswa SMK Yadika.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM