Home » » Sukseskan Sail Nias 2019, Koarmada I Tugaskan KRI Semarang-594 Laksanakan Operasi Bhakti

Sukseskan Sail Nias 2019, Koarmada I Tugaskan KRI Semarang-594 Laksanakan Operasi Bhakti

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 03 September 2019 | 21.26

Bidikfakta.com- Jakarta, 2 September 2019,-- Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly melepas Satuan Tugas (Satgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ) 68 dan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 9 Tahun 2019 dalam rangka Sail Nias dalam suatu upacara yang dilaksanakan di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (2/9).

Dalam kegiatan dengan tema "Melalui Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya 68/2019, TNI AL siap menyukseskan program pemerintah RI-Sail Nias 2019", Koarmada I menugaskan KRI Semarang-594 dengan membawa 496 personel Satgas Surya Bhaskara Jaya 68 dibawah pimpinan Kolonel Laut (P) Avianto selaku Komandan Satgas. Tim ini akan melakukan Bakti Sosial berupa pelayanan kesehatan, perbaikan rumah ibadah, dan lain-lain.

Sedangkan kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 9 Tahun 2019 menggunakan KRI Tanjung Kambani-961 yang merupakan salah satu unsur dibawah jajaran Kolinlamil. Pelayaran Lingkar Nusantara terdiri dari 1.310 personel Bela Negara dan Saka Bahari dan merupakan bagian kegiatan pembinaan generasi
muda dalam kerangka national character building generasi muda Indonesia.

Menteri Hukum dan HAM RI mengatakan, dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim yang optimal dalam mengelola lautnya, pemerintah Indonesia telah melaksanakan suatu event wisata bahari tahunan yang berskala internasional, yang diberi nama Sail Indonesia. Tujuan diadakannya Sail Indonesia adalah untuk mengembangkan sektor pariwisata terutama wisata bahari di daerah yang menjadi lintasan dan tempat pelaksanaan Sail Indonesia, dengan menggalang keterpaduan dan sinergitas program lintas kementerian/lembaga.

Sejak tahun 2009, Sail Indonesia diberi nama sesuai daerah yang menjadi pusat tujuan utama atau puncak penyelenggaraan acara. Tahun ini pelaksanaan Sail Indonesia ke-11 akan digelar di Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara, yang selanjutnya dikenal dengan Sail Nias 2019. Dengan ditetapkannya Nias dalam promosi Sail Indonesia pada tahun 2019 ini, diharapkan pembangunan sarana dan prasana yang telah di lakukan dapat meningkatkan pariwisata Indonesia, khususnya pariwisata Nias serta menjadi lebih dikenal dunia.

Adapun peserta upacara terdiri dari  Pleton Satsik Lantamal III, Batalyon Koarmada I, Batalyon KRI Koarmada I, Batalyon Satgas SBJ 68, Batalyon Bela Negara dan Saka Bahari, Batalyon Marinir serta Batalyon Gabungan Basarnas, Polresta Pelabuhan, Kemenkum Ham, IPC, dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM