Home » » Wadanyon Bekang 2 Kostrad Berikan Materi Wasbang Kepada Mahasiswa Baru UMM

Wadanyon Bekang 2 Kostrad Berikan Materi Wasbang Kepada Mahasiswa Baru UMM

Ditulis oleh : Unknown pada Rabu, 04 September 2019 | 21.38

Penkostrad. Kamis, 5 September 2019).  Wakil Komandan Batalyon (Wadanyon) Bekang 2 Kostrad,  Kapten Cba Haryo Tedjo, memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan bela negara kepada mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Wadan Yon Bekang 2 Kostrad , Kapten Cba Haryo Tedjo, berkesempatan untuk berikan materi nilai-nilai Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 650 orang mahasiswa/mahasiswi baru Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di  gedung  Fakultas Kesehatan  Mulyo Agung, Malang. Rabu (4/9). 
Dalam kesempatan tersebut, Wadanyon Bekang 2 Kostrad mengupas tentang Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 sebagai tekad perjuangan dan merupakan konvensi nasional. Terdapat dua aspek Wawasan Kebangsaan, yaitu aspek moral dan aspek intelektual. 

Berdasarkan dua aspek tersebut, Wawasan Kebangsaan memiliki 6 nilai, yaitu penghargaan terhadap harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa, tekad bersama untuk berkehidupan yang bebas, merdeka, dan bersatu, cinta tanah air dan bangsa, demokrasi dan kedaulatan rakyat, kesetiakawanan sosial, dan masyarakat adil dan makmur. 

Selain nilai-nilai tersebut, Wawasan Kebangsaan juga memiliki makna penting, yaitu mengamanatkan kepada seluruh bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Alumnus Akmil 2008 ini berpesan bahwa Generasi muda  bangsa  harus memiliki wawasan kebangsaan dan semangat bela negara yang tinggi dalam kemajemukan bangsa Indonesia yang  merupakan generasi penerus dan tulang punggung bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI. 
Mahasiswa diharapkan bisa menjadi ujung tombak persatuan dan kesatuan bangsa, Sehingga menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Wasbang ini diharapkan dapat mengimplementasikan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga di lingkungan mahasiswa tidak ada perbedaan suku, agama, ras dan budaya serta tetap bangga sebagai bangsa dan bertanah air Indonesia," pungkasnya.
Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM