Home » » Lapas Pemuda Tangerang Gelar Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Lapas Pemuda Tangerang Gelar Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Ditulis oleh : Unknown pada Selasa, 01 Oktober 2019 | 00.29

Lapas Pemuda Tangerang Gelar Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 

Tangerang,bidikfakta.com

Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh di setiap tanggal 1 Oktober. Upacara dipimpin langsung oleh S.E.G. Johannes selaku Plt. Kepala Lapas Pemuda Tangerang. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Arif Rahman Sugandi selaku Kepala Subsi Keamanan Lapas Pemuda Tangerang.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini mengambil tema, "Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia". Sehubungan dengan hal tersebut, S.E.G Johannes mengatakan bahwa sudah sepatutnya kita menjadikan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan bangsa dan juga untuk mempererat hubungan kita supaya bisa membangun bangsa.

"Seperti yang kita ketahui, beberapa hari terakhir sedang marak berbagai demonstrasi yang beberapa diantaranya berakhir ricuh. Untuk itu, marilah kita menjadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk kembali mempererat persatuan bangsa. Ini penting, sehingga kita bisa terhindar dari perpecahan," ujar S.E.G. Johannes.

Hari Kesaktian Pancasila sendiri erat kaitanannya dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Tragedi ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis. Ada enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat menjadi korban dalam Gerakan 30 September tersebut. Oleh karena itu, pemerintah pada saat itu menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM