Home » » Pastikan Tumbuh Kembang Balita di Pedalaman, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Gelar Posyandu

Pastikan Tumbuh Kembang Balita di Pedalaman, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Gelar Posyandu

Ditulis oleh : Unknown pada Kamis, 10 Oktober 2019 | 22.59

(Penkostrad. Jumat, 11 Oktober 2019). Sebagai wujud kepedulian kepada pertumbuhan dan gizi balita serta ibu hamil, tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad dan Puskesmas Distrik Sota menggelar Posyandu dan pengobatan gratis di perbatasan RI-PNG tepatnya di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Rabu (9/10).

Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri menjelaskan bahwa Posyandu yang dilaksanakan di RT 03 Yakyu, merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan setiap bulannya bagi ibu dan anak melalui penimbangan, imunisasi serta pemberian gizi tambahan, karena hal ini penting dilaksanakan bagi balita agar asupan gizi dan nutrisinya terjamin, apalagi daerah pedalaman seperti di Papua.

"Pelaksanaan Posyandu ini merupakan wujud sinergitas Satgas dari tim kesehatan Pos Kout dan Pos Yakyu dengan instansi kesehatan yang ada di perbatasan yakni Puskesmas Sota dan Pustu Rawa Biru, bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan bagi balita, sementara bagi ibu hamil dilakukan pemeriksaan kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan fisiknya," ucapnya.

Lanjut Letda Ckm Debri, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai asupan gizi bagi balita. Karena di RT 03 Yakyu masih banyak balita yang perlu diperhatikan gizinya, terutama karena tempatnya ada di pedalaman dan harus di tempuh menggunakan ketinting (perahu tradisional Papua) membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan melewati rawa-rawa.

"Dalam Posyandu hari ini, tercatat ada 15 balita yang diimunisasi, pemeriksaan 2 ibu hamil dan 16 warga yang berobat dengan keluhan seperti batuk, demam, gatal, flu, diare dan pusing. Sebelum kegiatan selesai kami sampaikan kepada warga yang hadir untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit," tambah Dantonkes.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sota Maria S Gebze mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad atas kerja samanya dalam melaksanakan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu Kampung Rawabiru. "Dengan tim kesehatan Satgas, kegiatan selalu berjalan dengan lancar, ini adalah kali ketiga melaksanakan Posyandu bersama Satgas," ucapnya.

"Kami selaku petugas kesehatan dari Puskesmas Sota dan Pustu Rawabiru merasa sangat senang bersama dengan Satgas melaksanakan Posyandu, meskipun  jarak dan medan yang jauh dan sulit membuat kami semua semangat karena melihat bapak-bapak TNI yang selalu semangat, semua ini demi menjamin pelayanan kesehatan untuk semua warga di tanah Papua," pungkas Ibu Maria.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM