Home » » SITUASI WAMENA AMAN, WARGA DIPERSILAHKAN KEMBALI KE RUMAH DAN BERAKTIVITAS NORMAL

SITUASI WAMENA AMAN, WARGA DIPERSILAHKAN KEMBALI KE RUMAH DAN BERAKTIVITAS NORMAL

Ditulis oleh : Unknown pada Senin, 07 Oktober 2019 | 02.40

Bidikfakta.com- Pelayanan publik di Wamena, Papua, tetap berjalan baik pascakerusuhan. Kondisi di Wamena juga aman. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian bertolak ke Wamena untuk lebih memastikan keamanan.

"Secara prinsip kondisi stabilitas nasional dan daerah di Wamena aman," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Pelaksana Tugas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Tjahjo Kumolo di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Tjahjo menuturkan, kantor-kantor pemerintahan di Wamena memang masih meminjam kantor Kodim setempat. Meski begitu, tidak menganggu pelayanan terhadap masyarakat. "Pelayanan masyarakat jalan walaupun belum maksimal," ujar Tjahjo.

Di sisi lain, Tjahjo juga menyoroti warga yang mengungsi ke luar dari Wamena. Menurut Tjahjo, keinginan warga untuk meninggalkan Wamena bukan suatu permasalahan. Begitu juga mereka yang ingin bertahan atau kembali. Tjahjo pun menilai isu warga pendatang dan lokal tak ada lagi di Wamena.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw memastikan, situasi Wamena sudah aman dan kondusif.

Sebagian besar pengungsi sudah meninggalkan tempat pengungsian kembali ke rumah.

"Situasi Wamena sudah mulai normal, dan saya kesini untuk memastikan keadaan itu. Karena aparat keamanan hadir untuk memberikan rasa tenang dan aman kepada masyarakat,"ujar Kapolda saat dikonfirmasi Senin (7/10/2019) pagi.

Di beberapa titik pengungsian, masyarakat sudah mulai berkurang.

"Kami menghimbau kepada saudara saudara yang memiliki rumah bisa kembali ke rumah masing masing, jangan khawatir aparat keamanan TNI dan Polri akan jamin keamanan di Kota Wamena,"ucap Kapolda.

Bagikan :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. www.bidikfakta.com - All Rights Reserved •
HomeRedaksiPedoman Media SiberDisclaimer
Media Partner :INDIKASINEWS.COM