Komandan Lantamal X Hadiri Border Liaison Officers Meeting(Blom)Between The Republic Of Indonesia And The Independent State Of Papua New Guinea

KOMANDAN LANTAMAL X HADIRI BORDER LIAISON OFFICERS MEETING (BLOM) BETWEEN THE REPUBLIC OF INDONESIA AND THE INDEPENDENT STATE OF PAPUA NEW GUINEA


Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika menghadiri pertemuan bilateral Border Liaison Officer Meeting antara Pemerintah Provinsi Papua RI dengan Pemerintah West Sepik Province dan Western Provine Papua New Guinea bertempat di Hotel Horison Jayapura, Rabu, (16/10/2019).


Gubernur Papua Lukas Enembe S.IP, M.H., dalam sambutannya  yang di bacakan oleh Asisten 1 Doren Wakerkwa.SH menyampaikan selamat datang kepada delegasi dari kedua Negara dalam pertemuan Border Liaison Officer Meeting RI-PNG tahun 2019.  

Pada kesempatan tersebut, Lukas Enembe juga menyampaikan permohonan maafnya atas tertundanya pelaksanaan  pertemuan Border Liaison Officer Meeting RI-PNG, untuk kesekian kalinya.


Lanjut Aisten 1, Forum bilateral ini merupakan pertemuan yang sangat penting dalam rangka tukar menukar informasi, permasalahan dan mendiskusikan isu-isu yang terjadi serta rencana pembangunan di  kawasan perbatasan RI-PNG, antara lain masalah pillar batas, tuntuntan ganti rugi hak ulayat, pemeliharaan pilar batas. 

Penertiban pengunaan dokumen perjalanan melapor di pos yang telah di tentukan baik di laut maupun di darat, dan perlu adanya penertiban aktivitas perdagangan ilegal di netral zone, penertiban jam kerja di pos lintas batas, masalah status kewarganegaraan ganda,  pembangunan infrastruktur pos lintas batas, jalan penghubung antar negara dan lain-lain.


Hasil pertemuan ini akan  sangat bermanfaat bagi penanganan dan pengelolaan kawasan perbatasan RI-PNG, untuk itu kedua pemerintah perlu memadukan pola pikir dan pola tindak yang sinergis dan serius, agar dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat perbatasan kedua negara serta meningkatkan hubungan bilateral kedua negara RI-PNG yang lebih baik.kata Asisten 1 Doren Wakerwa.


Mengakhiri sambutannya, Gubernur Papua Lukas Enembe berharap, dengan semangat saling menghormati dan saling menghargai pada pertemuan ini akan menghasilkan kesepakatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kedua negara. Dan hasil dari pembahasan agenda tersebut dapat di tindaklanjuti dalam program dan kegiatan pembangunan di kawasan perbatasan kedua negara.Pungkas Doren Wakerwa.


Hadir dalam kegiatan Asisten 1 bidang pemerintahan sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa. SH, Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Komandan Lantamal XI Brigjen TNI (Mar) Lukman, S. T., M. Si, Komandan Korem 174/ATW, Brigjen TNI Agus Abdurrauf, Komandan Satrol Lantamal X Kolonel Laut (P) Dian Tri Hartanto, Kepala KKP Jayapura, Bidang perbatasan, Bea cukai Jayapura, Kepala Imigrasi Jayapura, Kepala KKP Merauke, Ka BNPP, Ketua Bappenda Papua, Kepala KSOP Jayapura, Kepala Navigasi, Katopdam XVII/Cenderawasih,  Komandan Korem 172/PWY, GM. PT, Pelindo, Lapas Narkotika, Dominic Buluncr PNG DF, Anton Wanda Vanimo Green District PNG, Shirley Lankai PNG Gonsukte, Wilered Auro Giaso Frpg Wpa PNG.


(Dispen Lantamal X/ Jayapura)

Posting Komentar

0 Komentar