Presiden dan Wapres Menghadiri Rapat Kerja Nasional PDIP Di Kemayoran.

foto: ilustrasi/ ist.

Jakarta - Bidikfakta.com,Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDI Perjuangan yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/20).

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin tiba di kawasan JIExpo Kemayoran sekitar pukul 14.00 WIB dan langsung masuk ke ruangan transit VVIP sebelum masuk ke ballroom diselenggarakannya Rakernas PDIP. Sekitar pukul 14.20 WIB, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin beserta Ketua DPR RI Puan Maharani memasuki JIExpo Kemayoran yang disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader PDI Perjuangan. Sabtu (11/1/20).

Selain kepala negara yang hadir dalam rakernas itu, tampak hadir sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menkeu Sri Mulyani, Menteri PMK Muhadjir Effendy, Menristek, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menkominfo Johnny G Plate, Menko Polhukam Mahfud MD. Menpan RB Tjahjo Kumolo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama, Menteri KKP Edy Prabowo, Menkum HAM Yasonna Laoly, dan Menhan Prabowo Subianto yang didampingi Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono serta Wantimpres Wiranto.

Selain itu, tampak hadir mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Wapres Boediono dan mantan Wapres Try Sutrisno. Rakernas I PDIP ini juga dihadiri petinggi partai, antara lain Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyebutkan ada tiga isu utama yang akan dibahas dalam Rakernas I partai, yakni lingkungan hidup, ilmu pengetahuan dan industri rempah.

"Isu utama yang dibahas salah satunya lingkungan hidup," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat.

Menurut Hasto, hal itu penting untuk menyikapi berbagai kerusakan lingkungan yang menyebabkan banjir, tanah longsor, dan membanjirnya sampah tanpa proses pengolahan yang memadai, serta hilangnya sumber mata air.

"PDIP menaruh perhatian yang begitu besar guna mengimplementasikan kebijakan pembangunan yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan memastikan pencegahan berbagai persoalan lingkungan tersebut. Kami akan mengundang BMKG, BNPB, BNPP, dan para ahli lingkungan serta pihak terkait sehingga PDIP hadir sebagai pelopor pencegahan banjir di seluruh wilayah Indonesia," kata Hasto.

Hasto mengatakan, pihaknya menginginkan industri berbasis riset dan inovasi masuk dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk membangun kesejahteraan negara secara komprehensif tanpa menghilangkan identitas bangsa.

"Hal-hal strategis terkait dengan haluan negara melalui kebijakan strategis yang dijalankan dengan semangat berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari," kata Hasto.

Dalam rakernas ini, PDIP mengangkat tema 'Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional'. Adapun sub temanya yakni 'Strategi Jalur Rempah Dalam Lima Prioritas Industri Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari'.Red-Bimo/ist.

Posting Komentar

0 Komentar