Amerika Serikat Menangguhkan Layanan Visa di Seluruh Dunia Karena COVID-19

foto:ilustrasi/ist

Jakarta-Bidikfakta.com, Amerika Serikat menangguhkan semua layanan visa rutin pada  Rabu (18/3) di sebagian besar negara di seluruh dunia karena wabah virus corona.


Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan, langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya itu berpotensi akan berdampak pada ratusan ribu orang.


Departemen tidak mengatakan berapa banyak negara yang menghentikan layanan tetapi misi AS di lebih dari setengah lusin negara termasuk Korea Selatan, Afrika Selatan, Jerman dan Spanyol di situs web, menghentikan atau secara signifikan mengurangi layanan. Kamis(19/3/20)


"Kedutaan dan konsulat di negara-negara ini akan membatalkan semua penetapan visa imigran dan non-imigran rutin pada 18 Maret 2020," kata juru bicara itu.


Juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan misi AS di luar negeri akan terus memberikan layanan visa darurat "jika sumber daya mengizinkan," dan bahwa layanan kepada warga AS akan tetap tersedia.


"Kedutaan ini akan melanjutkan layanan visa rutin sesegera mungkin tetapi tidak dapat memberikan tanggal tertentu pada saat ini," katanya. Tidak ada pengecualian untuk jenis visa apa pun. Pada tahun 2019, Amerika Serikat telah mengeluarkan total lebih dari 9,2 juta visa imigran dan non-imigran di lebih dari 160 misi asing di seluruh dunia.


Virus corona, yang muncul di China akhir tahun lalu, kini telah menginfeksi lebih dari 212.000 orang dan menyebabkan 8.700 kematian di 164 negara, memicu isolasi darurat dan suntikan uang tunai yang tak terlihat sejak Perang Dunia Kedua.


Kehidupan normal telah terhenti hampir di seluruh dunia dengan sekolah ditutup, penerbangan dan industri dihentikan, acara olahraga dan seni ditunda dan orang-orang disarankan atau kadang-kadang dipaksa oleh pemerintah mereka untuk tetap di dalam ruangan untuk mencegah penyebaran.


Semalam, Kedutaan Besar AS di Korea Selatan dalam sebuah pernyataan mengatakan penangguhan itu akan memengaruhi layanan visa imigran dan non-imigran di kedutaan-kedutaan di negara-negara dengan tingkat imbauan perjalanan Departemen Luar Negeri AS di level 2, 3, atau 4.


Pada hari Rabu, sekitar 100 negara yang telah mengeluarkan peringatan, menurut situs web Departemen Luar Negeri A.S. Alasan untuk peringatan tersebut mulai dari wabah virus corona hingga perang dan kejahatan.


Juru bicara itu mengatakan langkah itu tidak akan memengaruhi Program Pelepasan Visa (VWP), yang mengizinkan warga negara dari negara-negara melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk turis atau bisnis (tujuan pengunjung visa) untuk tinggal selama 90 hari atau kurang tanpa mendapatkan visa. Pembatasan AS itu dapat berdampak pada beberapa industri.


Di Meksiko, misalnya, penangguhan visa bisa berarti penurunan tajam dalam jumlah pekerja tamu musiman yang mengeluarkan visa AS, sesuatu yang bisa melukai pasokan makanan pada saat konsumen menimbun makanan untuk mengisolasi diri mereka untuk memperlambat penyebaran virus.


Reuters melaporkan bahwa pemerintah AS sedang mempertimbangkan pilihan untuk memungkinkan pekerja tamu musiman dari Meksiko pada waktunya untuk memanen buah dan sayuran tahun ini. 

Sumber : Di lansir dari ANTARA

Red-Wst/ist.

Posting Komentar

0 Komentar