Dompet Dhuafa Meluncurkan Aksi Cegah COVID-19

foto:ilustrasi/ist

Jakarta-Bidikfakta.com, Lembaga filantropi Islam Dompet Dhuafa meluncurkan aksi cegah tangkal (Cekal) COVID-19 guna mencegah penularan virus tersebut lebih luas.


"Dompet Dhuafa meluncurkan aksi Cekal (cegah tangkal) Corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, terutama tempat ibadah semua agama," kata Inisiator, Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Republika Parni Hadi di Jakarta, Selasa(17/3/20).


Ia mengatakan prioritas utama penyemprotan adalah masjid agar para jamaah bisa Sholat Subuh berjamaah. Kemudian penyemprotan dilanjutkan di sejumlah gereja dan wihara.


Setelah menyemprot beberapa tempat ibadah, relawan Dompet Dhuafa kembali melakukan penyemprotan di sejumlah fasilitas transportasi umum seperti MRT, LRT dan Transjakarta.


Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi mengatakan pandemi COVID-19 merupakan bencana nasional. Oleh karena itu, Dompet Dhuafa, hadir untuk melayani masyarakat dengan mengikuti protokol yang ditetapkan WHO.


Sementara itu, Ketua Tim Penanganan COVID-19 dr. Yeni Purnamasari mengatakan Dompet Dhuafa menyiagakan seluruh rumah sakit dan klinik layanan kesehatan Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia.


"Dompet Dhuafa menyiagakan 30 unit ambulan, delapan rumah sakit, 21 klinik dan layanan kesehatan untuk melayani masyarakat dan merujuk ke rumah sakit yang ditunjuk bila ditemukan indikasi COVID-19," katanya.


Pelaksana tugas aksi tersebut, katanya, dilakukan oleh tim Disaster Management Center (DMC) dengan didukung oleh Divisi Kesehatan dan para relawan yang bergabung dalam DD Volunteer.


Tim tersebut melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan di sejumlah area publik, sekolah, perkantoran, dan rumah ibadah seperti masjid, gereja, vihara dan rumah ibadah lainnya.


Dompet Dhuafa juga mengajak masyarakat dan sejumlah lembaga untuk peduli mengantisipasi pandemi COVID-19 dan peduli terhadap penanganan COVID-19 dengan mendukung gerakan lembaga kemanusiaan tersebut.


Mereka juga diajak untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah, BNPB, BPBD serta rumah sakit rujukan dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang perlunya mengantisipasi penularan COVID-19.


Sementara itu, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa drg. Imam Rulyawan mengatakan Dompet Dhuafa juga merespons cepat kasus COVID-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101.


"Selain hal itu, Dompet Dhuafa juga menyiapkan unit khusus dan program pengendalian kasus COVID-19 dengan melibatkan rumah sakit Dompet Dhuafa," katanya.Red-Wst/ist.

Posting Komentar

0 Komentar