Kabar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Dan istri Terkena Virus Corona, itu Hoaks

foto:ilustrasi/Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.ist

Jakarta-Bidikfakta.com, Sempat beredar informasi bahwa Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, terlihat mendatangi RSP Persahabatan dan informasi tersebut menjadi bahan pertanyaan terkait kesehatan dia dan istrinya, Tri Suswati.


Namun, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, mengatakan, atasannya dan istrinya itu dalam keadaan sehat walafiat, Minggu(15/3/20).


"Bapak Mendagri dan ibu, Alhamdulilah saat ini dalam kondisi sehat walafiat dan tidak benar apabila ada informasi bahwa beliau sakit, mari kita lawan hoaks," kata Bahtiar berdasarkan pernyataan pers yang diterima di Jakarta Sabtu(14/3).


Lebih lanjut, Bahtiar mengungkapkan bahwa Karnavian dan Istri beraktivitas seperti biasa. Pagi tadi, mereka menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-48 di Posyandu Dakura X, Perumnas Bumi Telukjambe Blok F, Desa Sukaluyu Kabupaten Karawang.


Selain itu, "Bapak Mendagri beraktivitas seperti biasa dalam keadaan sehat walafiat tadi malam menghadiri acara di Metro TV membacakan dan memberikan penghargaan Kick Andy Heroes Award", ujar Bahtiar.


Ia juga menegaskan bahwa informasi yang tidak jelas sumbernya terkait kesehatan Mendagri harus dicek dengan baik kebenarannya dan mengajak semua pihak untuk lebih hati-hati dalam mengantisipasi setiap informasi yang sifatnya hoaks.


Senada dengan itu, Staf Khusus Menteri Dalam Negeri, Kastorius Sinaga, membenarkan Karnavian dan istri masih sehat walafiat.


Ia mengaku harus membenarkan kabar palsu yang beredar karena banyak mendapat pertanyaan dari wartawan dan juga dari rekan-rekannya yang menanyakan kebenaran kabar tersebut.


"Tidak benar bila Pak Tito terkena virus Corona dan dirawat di RS Persahabatan (salah satu RS rujukan untuk penderita virus Corona atau covid 19)," kata Sinaga dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu.


Ia mengatakan bahwa yang sebetulnya adalah Karnavian berkunjung ke RS Persahabatan dalam rangka melayat kepada keluarga almarhum Ketua Pusat Pelaporan Analis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Ki Agus Ahmad Badaruddin.


"Mendagri menginformasikan ke saya lewat whatsapp bahwa beliau hendak takziah ke almarhum Ketua PPATK, Ki Agus Ahmad Badaruddin. Almarhum adalah sahabat dan juga dipandang oleh Mendagri sebagai senior," kata Sinaga.


Dalam rangka itulah mobil dinas Karnavian dengan nomor registrasi B 21 terparkir di lobi pintu masuk RS tersebut dan dipotret sehingga muncul spekulasi dia dirawat di rumah sakit itu.


Sementara itu, Badaruddin yang meninggal dunia Sabtu (14/3/2020) siang sempat masuk isolasi di RS Persahabatan.


Namun, juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan dari dua kali hasil tes menunjukkan kepala PPATK periode 2016-2021 yang dilantik Presiden Joko Widodo pada 26 Oktober 2016 itu negatif virus corona (COVID-19). Red-Anang/ist.








Posting Komentar

0 Komentar