PMI Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Jabodetabek Upaya Memutus rantai COVID-19

foto:ilustrasi/ist

Jakarta-Bidikfakta.com, Palang Merah Indonesia (PMI) hingga saat ini sudah melakukan penyemprotan disinfektan di 39.573 titik atau lokasi sejak COVID-19 mewabah di Indonesia khususnya wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dalam upaya memutus rantai penyebaran virus mematikan ini.

"Sedikitnya 20 unit mobil penyemprot (gunner) disinfektan menyisir jalan protokol Jabodetabek setiap hari. Upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 ini akan terus digalakkan PMI bersama Pemerintah," kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Arifin M Hadi melalui sambungan telepon, Kamis (30/4/20).

Menurutnya, penyemprotan disinfektan dilakukan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia khususnya Indonesia itu di jalan-jalan protokol dan fasilitas publik menggunakn mobil tangki berkapasitas 5 ribu liter serta menggunakan mobil bak terbuka untuk menjangkau lokasi yang sempit.

Hingga saat ini ada sekitar 200 unit grand max spraying ditambah motor sprayer 30 unit untuk menjangkau jalan setapak atau gang. Sebagai bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, PMI juga rutin melakukan promosi kesehatan (Promkes), upaya ini rutin dilaksanakan untuk menggalang kesadaran semua pihak dalam mencegah penularan virus yang belum ada vaksinnya itu.

Lanjut dia, edukasi seperti anjuran tetap di rumah, rutin mencuci tangan, hingga menjaga kesehatan adalah beberapa imbauan dalam promkes yang dilakukan PMI dan sudah dilaksanakan kepada 1.681.292 jiwa.

Pelayanan lainnya adalah penyaluran logistik seperti masker, sarung tangan karet dan medis, pakaian hazmat, serta paket perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) ke sekitar empat juta masyarakat umum dan relawan PMI.

Paket PHBS berisi masker kain dan bedah serta sabun sudah dibagikan ke 304.500 masyarakat penerima manfaat. Logistik lainnya terkait alat pelindung diri (APD) juga dibagikan ke relawan dan petugas medis. Sejumlah bantuan yang disalurkan PMI tersebut dihimpun dari donasi kemanusiaan, tercatat, hingga Rabu, (29/4) PMI telah menerima donasi sebesar Rp34.703.458.002. Red-Wst/ist.

Posting Komentar

0 Komentar