Rohmanudin Mendukung Penuh Presiden Melarang Mudik

foto:ilustrasi/ist

Jakarta-Bidikfakta.com, Wakil Pimpinan Media Bidikfakta Rohmanudin menyatakan atas dukungannya terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo yang melarang masyarakat mudik untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

"Kebijakan Presiden melarang mudik perlu diapresiasi sekaligus disertai langkah pemerintah untuk mengajak peran serta aktif masyarakat untuk menjalankan keputusan itu," kata Rohman melalui pesan tertulis di Jakarta, Selasa (21/4/20).

Rohman mengatakan keputusan Presiden Jokowi harus disikapi secara serius, ketat, dan disiplin karena mencermati dinamika kasus COVID-19 yang saat ini sudah terjadi di seluruh provinsi di Indonesia.

Menurut Rohman, keberhasilan penanganan COVID-19 sangat bergantung pada pencegahan pertemuan masyarakat dalam skala besar seperti yang terjadi ketika masyarakat mudik saat Lebaran.

"Pemerintah perlu memperkuat edukasi secara masif menggunakan berbagai media dan melibatkan tokoh masyarakat terutama tokoh agama dan tokoh budaya disertai penegahan hukum bagi warga yang tidak mematuhi kebijakan tersebut," tuturnya.

Selain itu, Rohman meminta pemerintah juga memastikan data warga yang terdampak dan tidak bisa mudik yang perlu mendapatkan bantuan sosial.

"Warga miskin yang belum masuk data seharusnya tetap dibantu sesuai dengan kebijakan lokal, misalnya bantuan yang tersedia dibagi secara merata dengan mengurangi jumlah bantuan yang diterima sehingga semua yang miskin kebagian," ungkap Rohman.

Menurut Rohman semua jenis bantuan sosial dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga swasta harus betul-betul dipastikan menjangkau warga yang membutuhkan. Red-Wst/ist.

Posting Komentar

0 Komentar