Kementan : Pembelian Ayam Ras Potong Oleh Swasta Terus Bertambah Mencapai 455.318 Ekor

foto:ilustrasi/ist

Jakarta-Bidikfakta.com, Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat perusahaan pembibitan ayam ras dan pakan ternak telah melakukan pembelian ayam ras potong (livebird) sebanyak 455.318 ekor milik peternak mandiri.

Direktur Jenderal Peternalan dan Kesehatan Hewan (PKH), Kementan I Ketut Diarmita mengatakan sejak sembilan hari disepakatinya pembelian ayam ras oleh mitra peternakan, penyerapan ayam milik peternak telah mencapai 11, 05 persen.

Ada pun komitmen pembelian ayam ras ini merupakan upaya pemerintah dan pelaku usaha untuk menstabilisasi harga ayam yang jatuh di bawah biaya produksi.

"Sampai 1 Mei 2020 livebird yang sudah dibeli mitra peternakan sekitar 11,05 persen dari target 4.119.000 ekor," kata Ketut Diarmita kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/4/20).

Ia mejelaskan pembelian ayam ras potong milik peternak mandiri tersebar di enam provinsi dengan capaian Provinsi Jawa Barat sebanyak 253.566 ekor, Banten 8.040 ekor, Jawa Tengah 120.915 ekor, DI Yogyakarta 3.905 ekor, Jawa Timur 53.660 ekor, dan Sumatera Utara 15.232 ekor.

Ketut menyebutkan saat ini sudah ada 19 mitra peternakan yang melakukan pembelian. Masih ada tiga perusaahaan lagi yang sudah memberikan komitmennya, namun belum melaporkan hasilnya.

Berdasarkan data yang Kementan, pembelian ayam ras potong terbanyak selama sembilan hari ini dilakukan oleh PT Charoen Pokphan Indonesia, yakni sebanyak 154.921 ekor atau 15,49 persen dari target satu juta ekor yang akan dibeli.

Ketut memberikan apresiasi terhadap semua mitra peternakan yang sudah melakukan pembelian ayam ras potong milik peternak mandiri. Menurut dia, hal ini menunjukkan komitmen dan empati yang besar dari para mitra perusahaan.

"Bahkan ada tiga mitra peternakan kita yang sudah melakukan pembelian dan telah melebihi komitmen yang disampaikan yakni PT Expravet, PT Intertama Trikencana Bersinar, dan PT Ayam Manggis," kata dia.

Sementara itu Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Sugiono menyebutkan bahwa pembelian ayam ras potong oleh mitra peternakan ini terus berjalan setiap hari. Red-Wst/ist.

Posting Komentar

0 Komentar