Seni Tradisional Jaipong Meredup Setelah Terjadinya Covid

Petir Serang Banten, bidikfakta.com - Seni Tradisional Jaipong Cabe Rawit Group di Harendong Kecamatan Jawilan Serang Banten meredup ketika terjadinya Covid 19. Hingga seluruh krunya kehilangan penghasilan karena tidak adanya jop selama terjadinya Covid. Hal ini tentunya para Kru terutama Yani selaku Sinden dan Penari kehilangan penghasilan lantaran tidak adanya jop dan tidak ada masyarakat yang mengadakan Pesta lantaran adanya larangan untuk tidak melakukan hajatan, dan harus menaati peraturan pemerintah terkait Protokol kesehatan. (24/10/2020)

Sebelum ada musibah Covid Yani dan krunya sampai kewelahan menerima jop, dan tentunya ada penghasilan masuk, dalam satu Minggu manggung bisa empatkali. Bukan hanya jop orang pesta pernikahan saja, namun juga seperti Agustusan atau acara-acara yg di selenggarakan oleh pemerintah Daierah seperti bertempat di Alun-alun Serang. 
Namun ketika Covid 19 terjadi drastis tidak ada jop lantaran adanya Covid. 

Harapan Yani mudah - mudahan Covid segera berlalu agar kedepan bisa kembali normal seperti biasanya, agar banyak jop yang masuk dan tentunya penghasilan dapat normal kembali. Jaipong merupakan seni tradisional yang harus terus dilestarikan oleh generasi bangsa ini, tidak boleh sirnah dan harus ada generasi penerus dalam menjaga dan melestarikan budaya leluhur terus - menerus.

Petir Serang Banten bidikfakta Melaporkan. (Nurdin)

Posting Komentar

0 Komentar