Tabrakan Kapal di Perairan Asahan, Basarnas berhasil selamatkan para Anak Buah Kapal (ABK)

Bidikfakta.com -- Asahan, 11 Maret 2022

Personil Siaga Pos SAR Tanjung Balai Asahan (TBA) menerima informasi dari orang tua salah seorang ABK yang merupakan korban kapal tabrakan di Perairan Asahan Kab. Asahan pada Kamis malam (10/03/2022) sekitar pukul 21.00 wib.

Menurut informasi yang diterima, Kronologis kejadian bermula saat Kapal nelayan pergi mencari ikan dimalam hari pada Kamis malam, namun naas sekitar pukul 19.00 wib tepatnya disekitar Lampu Putih Perairan Asahan Kab. Asahan, Kapal nelayan berjenis kayu bertabrakan dengan kapal nelayan lainnya yang mengakibatkan kedua kapal terbalik dimana tiga orang ABK dari kedua kapal terjun kelaut dan bertahan hidup dengan cara berpegangan pada kapal yang terbalik dan salah seorang ABK menghubungi orang tuanya untuk meminta pertolongan.

Koordinator Pos SAR Tanjung Balai Asahan, Ady Pandawa,S.T. mengatakan "Begitu kita mendapat informasi, tidak butuh lama kita langsung berkoordinasi dengan Nahkoda Kapal KN SAR 248 Sanjaya yang standby di Dermaga Panton dan langsung menurunkan personil melakukan pertolongan menggunakan alut Sekoci milik Kapal SAR 248 Sanjaya."

"Berkat Sinergitas dan Respon time, Personil Rescuer Pos SAR Tanjung Balai Asahan, ABK KN SAR 248 Sanjaya, ABK RB 301 TBA dan  Personil Lanal TBA akhir sekitar pukul 22.05 wib tim berhasil menyalematkan ketiga korban dalam keadaan selamat. Selanjutnya korban dievakuasi menggunakan Sekoci dan dibawa menuju Kapal SAR 248 Sanjaya dan diserahkan kepada pihak keluarga."Ucapnya. 

Data-data korban :
1.Mhd. Yusuf (lk) berusia 30 tahun
2. Agus Erwin (lk) berusia 25 tahun
3. Solahuddin (lk) berusia 28 tahun.
Seluruh korban merupakan warga Asahan Mati Kab. Asahan. Ss/hm

(Eka Wardani)

Posting Komentar

0 Komentar