KAMPUNG PANCASILA ADALAH SEBUAH SOLUSI MENJAGA KEHARMONISAN HUBUNGAN ANTAR WARGA

Bogor - Bidikfakta com, Pancasila adalah Ideologi bangsa yang menjadi sebuah  harga mati yang sampai kapanpun tidak boleh diganti dengan ideologi lain demi keutuhan bangsa.

Karenanya itu kehidupan harmonisasi masyarakat di setiap desa - desa/kelurahan - Kelurahan perlu didorong menjadi sebuah Kampung yang menggerakan kehidupan masyarakatnya sesuai dengan ideologi Pancasila sebagai sebuah cerminan kehidupan masyarakat sehari - hari,agar kehidupan kelompok masyarakat desa atau kelurahan tidak bisa mudah di pecah belah oleh intolerasni, dan semangat kebangsaan yang terbingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika, harus senantiasa dijaga bersama. Sehingga, warga dapat membentengi diri dari konflik sosial dan aksi terorisme, yang merusak dan memecah belah persatuan.

Kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila di berbagai desa maupun kelurahan di Indonesia harus secara Masif mendapat perhatian Khusus dari semua pihak, bentuk kepedulian warga dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Ini harus terus dibina sebab Indonesia memiliki Kehidupan  masyarakatnya begitu beragam, sehingga apa bila itu tidak dibina dengan baik dan ada oknum yang ingin memecah belah akan mudah sekali terjadi gesekan antar warga.

Desa - Desa dan Kelurahan - Kelurahan yang ada di Indonesia hendaknya menjadikan  kampung Pancasila adalah sebuah domain dalam menjaga keharmonisan hubungan antara warga masyarakat yang majemuk yang terdirin  dari berbagai macam agama tetapi sangat rukun dan damai Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbol bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh karena itu semangat dari Tujuan dibentuknya  Kampung Pancasila ini untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga supaya mengingat kembali, melaksanakan kembali, apa saja yang sudah tertuang dan tercantum dalam Pancasila. Membangun kampung Pancasila tersebut merupakan praktik kebersamaan dan persaudaraan, namun yang jauh lebih penting adalah Pancasila dalam tindakan.

Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh : Kefas Hervin Devananda (Romo Kefas)

Posting Komentar

0 Komentar