Walikota Jakarta Selatan, Munjirin S.Sis., M.Si. Resmi Membuka Pekan Raya Cipete atau Cipete Fair 2022 Selama 3 Hari

Bidikfakta.com :


Cipete Utara - Kebayoran Baru - Jakarta Selatan.

Acara yang digagas oleh Ketua LMK Kelurahan Cipete Utara Burhan Saidi bersama seluruh Anggota LMK berkolaborasi dengan Karang Taruna.
Acara PRC yang berlokasi di Area Parkir ITC Fatmawati dihadiri oleh Banyak Pejabat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan.diantaranya Kasudin Kebudayaan Puspla Dirdjaja,SH.,M.HK, Kabag Pemerintahan Martin, Camat Kebayoran Baru, Tomi Fudihartono,S.Sos., M.Si, Anggota DPRD DKI H. Abdul Ghoni, Kepala BNNK Jakarta Selatan Dik Dik Kusnadi, Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan Bid. Sosialisasi Fahmi Zikrillah, Ketua Dewan Kota Dr. Sayid Qutub MA, dan Anggota H. Muchlis Djuniarsah, Danramil 0504 Kebayoran Baru Mayor Inf Derma Sitorus, S.E, Kepala Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru dr. Etty, Kasatpel PPUKM Kebayoran Baru Ferdinan Renald,SH, Lurah Cipete Utara Suprianto,S.STP.,M.Si beserta seluruh jajaran Kelurahan Cipete Utara, Bhabinkamtibmas Denny Anggoro, Babinsa Serda Yudianto, KasatPol PP, Kasatpel Dukcapil, Kasatlak PTSP, Ketua dan Anggota FKDM, Ketua dan Anggota PKK, 103 Ketua RT dan 11 Ketua Rw, Tokoh Masyarakat dan Para Alim Ulama, KH. Nurcholish Zulham BA, KH. Idham Khalid Lc Se-Kelurahan Cipete Utara.

" Hadir juga Undangan Ketua FKLMK DKI Jakarta Hj. Dwi Hartanti, Penasehat FKLMK Kebayoran Baru Sumantoro Radjiman, Ketua FKLMK Kecamatan Kebayoran Baru, Musliar Z Djamil berserta Para Ketua LMK dan Anggota Se-Kebayoran Baru. Pimpinan Ormas FORKABI, PP, FBR, Ketua dan Anggota KNPI Kebayoran Baru, Banser dan organisasi kebudayaan. Pimpinan Perusahaan ITC Fatmawati Bapak. Hartono, PT. Baqul, Ibu Dian, Bank DKI cabang Fatmawati Bapak. Ade, BPR ABDI Bpk. Taufik dll.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Burhan Saidi mengatakan bahwa PRC akan diadakan selama 3 (tiga) hari dimulai (28-30/10/2022).

Yang diisi dengan berbagai macam kegiatan diantaranya, Pameran UMKM dan Home industri Masyarakat Cipete, Pertunjukan Seni Budaya, Lomba-lomba seperti Pidato, Palang Pintu, Puisi Kebangsaan, Cipete Fashion show, Hiburan, Akuistik dan Band-band.

Kelurahan Cipete Utara yang teridiri dari 11 Rw, 103 Rt dan memiliki lebih dari 34 ribu penduduk, dimana letaknya berada di Jantung Kota Administrasi Jakarta Selatan. SDM yang beragam, kemajemukan budaya menjadi sumber industry kreatif yang rasanya perlu kita perdanya gunakan. Kepadatan penduduk juga menjadi modal besar sebagai peluang konsumen yang dapat dimanfaatkan secara positif.

Maka perlu di berdayagunakan untuk membangun hubungan antar kelompok masyarakat dalam meningkatkan seni budaya, industri kreatif, home industry UMKM di wilayah ini. Ditambah lagi, banyaknya pejuang-pejuang social yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan membantu suksesnya setiap program yang dicanangkan oleh Pemerintah selama ini tampa pamrih.

" Inilah yang menjadi dasar kami, sehingga perlu diadakan sebuah pagelaran bersama guna mengakomodir dan menciptakan trobosan dengan gagasan yang baru dan inovatf.
Maka muncullah ide yang namanya Pekan Raya Cipete atau Cipete Fair 2022, miniature dari Pekan Raya Jakarta milik warga Jakarta. Dimana didalamnya terdapat Pagelaran Seni Budaya, Perlombaan-perlombaan, Kreasi generasi muda, Pameran UMKM, Home industri warga, kuliner rumah tangga, hingga ajang pemberian Apresiasi dan Penghargaan kepada para pejuang social di tenga-tengah masyarakat kita.

Ada 5 Tujuan yang kami harapkan dengan diadakannya Pekan Raya Cipete atau Cipete Fair 2022 diantaranya :
1. Agar munculnya sebuah EVENT TAHUNAN yang memilki kearifan local
2. Menjadikan sarana Hiburan bagi warga Cipete Utara dan sekitarnya
3. Memberdayakan UMKM khususnya UMKM Kelurahan Cipete Utara
4. Memperkenalkan Kelurahan Cipete Utara melalu Kebudayaan, Ekonomi Kreatif dan Sosial Kemasyarakatan
5. Ajang Silaturahmi dan Apresiasi kepada warga masyarakat Kelurahan Cipete Utara, Bapak Ibu yang kami hormati, Pekan Raya Cipete Utara berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 28 Oktober hingga (30/10/ 2022).

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 Tahun, Pekan Raya Cipete memiliki Thema Dengan Semangat Pekan Raya Cipete TUMBUH KUAT BERSAMA.

Pekan Raya Cipete diisi oleh lebih dari 150 UMKM dengan 110 Stand Pameran, yang terdiri dari 15 Stand Binaan PPKUKM Kecamatan Kebayoran Baru, 17 Stand Mitra Baqul sebagai Pembinaan UMKM Pengadaan sembako 10 Stand Perusahaan Besar yang bergerak di bidang Keuangan dan perbankan, 70 lebih Stand UMKM dari masyakarat sekitar Jakarta Selatan
1 Stand PKK, RPTRA, 11 RW dan 1 Stand Pemerintahan Kelurahan, yang membuka Pelayanan dan memberikan informasi serta konsultasi terkait setiap persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Ikut juga beberapa perusahaan yang berpartisipasi di PRC 2022, Management ITC Fatmawati, Bank DKI, BPR ABDI, PT. Baqul, Pegadaian cab. Pondok Labu, Ben's Radio sebagai media Patner's.
Support juga datang dari Kasudin PPKUMKM dan Kasudin Kebudayaan Kota Jakarta Selatan dan partisipasi warga masyarakat Cipete.

Pada Pembukaan PRC terdapat juga Penghargaan kepada Ketua Panitia Burhan Saidi yang diberikan oleh BNNK Kota Jakarta Selatan. Atas komitmen dan MUO yang ditanda tangani bersama, untuk mewujudkan Jakarta Selatan Bersinar, bersih dari narkoba.

Burhan bersama para Pelaku Usaha berkomitmen untuk mencegah dan menolak penyalah gunaan narkoba di wilayah Cipete khususnya dan Jakarta Selatan pada umumnya.MUO dilakukan bersama Ketua Panitia Burhan Saidi dan Ketua BNNK Dik Dik Kusnadi dihadapan Walikota Jakarta Selatan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Walikota mengapresiasi pelaksanaan Pekan Raya Cipete yang digagas oleh ketua dan para pengurus LMK cipete utara jakarta selatan.

" Menghidupkan kembali ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi covid-19.
Tentunya tidaklah mudah
Hari ini membuktikan bahwa LMK mampu berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan membantu pemerintah dalam pembangunan.

LMK mampu melakukan kolaborasi yang baik, dengan melibatkan semua stiker holder dan menggandeng tokoh masyarakat untuk ikut terlibat dalam kegiatan PRC ini.

Bahkan Walikota berharap PRC tidak hanya dilakukan kali ini saja, tetapi dapat diteruskan di tahun tahun mendatang dengan pelaksanaan yang lebih meriah lagi.
Ia juga berpesan, pelaksanan ini dapat dicontoh dan diduplikasi oleh Kelurahan kelurahan lainnya. Sebelum Walikota membuka Pekan Raya Cipete, dilakukan Penyerahan Apresiasi kepada Para Tokoh Masyarakat, dilakukan secara symbolis kepada Ketua Rw 07 G. Eko Raharjo atas sukses dengan Program Kampung Tosca.

Rw - Rw lainnya juga memiliki keunggulan masing-masing, seperti Rw 01 sukses dengan Portalisasi & Bank Sampah Kirai Mandiri, Rw 02 Koperasi dan Paud, Rw 03 Bank Sampah Rukun Warga, Bank Sampah Rw 04, DKM Mesjid Jami Al Barkah Peduli Masyarakat Rw 05, Rw 06 Cepat Tanggap Bencana, Bank Sampah Saraswati Rw 07, Rw 08 PKK Kompak, Rw 09 dengan RW Idola dan Bank Sampah, Rw 10 Kreatif dan Inovasi, Rw 11 DKM Mesjid An Nur Peduli Masyarakat dengan Ambulance,
Saat acara juga dilakukan undian Doorprice untuk para tamu dan undangan oleh Walikota dengan hadiah Handphone dan hadiah hiburan lainnya.

Pembukaan ditandai dengan Pengguntingan Pita dan Kembang Api oleh Walikota Jakarta Selatan Munjirin. Setelah itu dilakukan kunjungan ke Stand-Stand oleh Walikota yang diikuti oleh para pejabat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar