Gempa Hebat Yang Terjadi Di Cianjur Terasa Di Wilayah Jakarta

Jakarta - bidikfakta.com, Gempa magnitudo 5,6 SR mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada, Senin, 21 November 2022. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tersebut terjadi pukul 13:21:10 WIB.
BMKG mencatat pusat gempa siang ini berada 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tepat, gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut terjadi pada 6.84 Lintang Selatan-107.05 Bujur Timur.

Gempa Magnitudo: 5.6, Kedalaman: 10 km, Koordinat: 6.84 LS-107.05 BT (10 km Barat Daya KAB-CIANJUR-JABAR)," demikian cuitan akun Twitter BMKG, dikutip Senin (21/11).

BMKG juga merinci lokasi persis yang mejadi titik gempa, yakni 10 km baratdaya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 15 km timur laut Kota Sukabumi, Jawa Barat, 39 km tenggara Kota Bogor, Jawa Barat, 63 km barat laut Bandung, Jawa Barat, dan 78 km tenggara Jakarta.

Meskipun getaran yang dirasakan di ibu kota cukup besar, BMKG menegaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tandas BMKG.

Guncangan gempa juga dirasakan di beberapa wilayah Jabodetabek, banyak warga yang merasakan guncangan gempa yang cukup kuat. Masyarakat yang melakukan aktifitas kerja juga merasakan guncangan yang cukup kuat terutama di gedung-gedung bertingkat, Orang-orang berhamburan keluar saat merasa ada guncangan.

Salah satu pengendara ojek online,Andi (31) yang baru saja mengantarkan makanan ke salah satu perkantoran di kawasan Setia Budi,Jakarta Selatan merasakan guncangan gempa tersebut.
"Gempanya terasa lumanyan kenceng,pas tadi saya sudah selesai nganter makanan," ucap Andi.

Lain halnya,Tina karyawati swasta di Jakarta yang merasakan getaran gempa saat berada di halte Transjakarta,"Terasa banget,getarannya" katanya.

Atas kejadian gempa bumi di Kabupaten Cianjur tersebut, BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap
adanya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Kata kunci lain yang naik adalah 'stay safe' yang berarti jaga keselamatan. Kata kunci ini mengingatkan diri sendiri dan masyarakat agar tetap waspada. (R.Septyandaru)

Posting Komentar

0 Komentar