IKN Nusantara Memberikan Berkah Bagi Pokdarwis Desa Teritip Kota Balikpapan

Balikpapan - bidikfakta com, Perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Ke Kalimantan Timur (Kaltim) tepatnya di Penajam Paser Utara (PPU), tentunya dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian Kota Balikpapan.

Ya, Balikpapan yang sejatinya sebagai Kota penyangga sekaligus pintu gerbang pastinya diuntungkan dengan kehadiran IKN Nusantara termasuk sektor pariwisata, salah satunya wisata di Desa Teritip, Balikpapan Timur.

Ketua Pokdarwis Desa Teritip Kota Balikpapan, Ishak Nurdin pun menyetujui hal tersebut. Sebagai Pokdarwis ia berpandangan bahwa IKN sudah memberikan berkah pagi para pelaku wisata.

"Alhamdulillah, kami selaku penggiat wisata di Kota Balikpapan bersyukur dan sangat mendukung dengan pemindahan IKN, apalagi ini akan menjadi berkah buat kami yang ada di kota Balikpapan," ungkapnya, pada Selasa (21/3/2023).

"Baru adanya kabar perpindahan IKN saja sudah sangat berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi di sini. Sebab, sebelum ada pembangunan IKN, para pelaku usaha dan pelaku wisata di Balikpapan pun sudah memulai persiapan lebih dulu, khususnya di Teritip," tambahnya.

Kendati demikian, selain memberikan manfaat, hadirnya IKN juga menghadirkan tantangan bagi kelompoknya, di mana nantinya bakal diramaikan migrasi yang memiliki berbagai ragam manusia dan karakter terutama pebisnis wisata luar yang ingin melebarkan usahanya ke Balikpapan.

"Itu menjadi tantangan kami. Dan sebagai orang Balikpapan itu harus kita hadapi, karena bagaimanapun juga kami akan tetap mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal atau tantangan-tantangan seperti itu ke depannya," kata Ishak.

Adapun upaya yang dilakukan dalam menyambut IKN, Pokdarwis Desa Teritip tengah mempersiapkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terdahulu terutama di kelembagaan.

Kemudian, kata Ishak, kelompoknya memberikan semacam pendidikan atau pelatihan kepariwisataan kepada para stakeholder yang ada terutama di masyarakat yang mampu meningkatkan kreativitas dan inovasinya. 

"Supaya nantinya bisa bersaing dengan pelaku usaha atau pelaku wisata yang datang dari luar ke Balikpapan," harapnya.

Sebagai ketua Pokdarwis, ia mengaku mempunyai tanggung jawab penuh bagaimana cara untuk memajukan dan mengembangkan wisata di wilayah Kota Beriman, salah satunya yakni dengan memperkuat kelembagaan di setiap Pokdarwis yang akan dibentuk dan sudah terbentuk di wilayah Desa Teritip. 

"Dengan begitu, tentunya kami juga sudah sangat siap menyambut kepindahan IKN, yang mana Balikpapan sebagai gerbang wisata atau menjadi pintu masuk menuju daerah IKN," sambungnya.

Ishak menambahkan, proses pembangunan IKN sudah memotivasi para UMKM, di mana semakin terlihat bagaimana kreativitas masyarakat seperti contoh di daerah pantai Tanjung Bayur yang sekarang sudah mulai bermunculan para pedagang.

"Yang tadinya kita belum lihat ada semacam orang jualan di pinggir jalan, sekarang sudah ada di sana," akunya.

IKN pun memajukan jumlah pengunjung. Berdasarkan data, kata dia, peningkatan kunjungan wisata di Balikpapan sekarang sekitar 90 persen dari data yang ada. 

"Dan yang kami rasakan saat ini pengunjung pun sudah cukup meningkat. Yang tadinya hanya 300 orang per-bulan, sekarang sudah sampai 1000 orang, karena adanya IKN," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardianto.

Posting Komentar

0 Komentar