IKN Nusantara Picu Anak Muda Ikut Berperan dan Berkontribusi

Balikpapan - bidikfakta.com, Forum Muda Inspiratif (FMIB) menggelar talkshow, dengan tema mengusung tema Momentum Mahasiswa Dalam Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Talk show tersebut, dihadiri sekitar 25 orang dari unsur Pemuda dan Mahasiswa, yang berlangsung di Harum Corner, Kota Balikpapan, Selasa (21/3/2023).

Talk show oleh Forum Muda Inspiratif Balikpapan merupakan launching perkenalan forum sebagai wadah anak muda Balikpapan untuk berkreasi dan melakukan inovatif agar berkontribusi terhadap IKN.

FMI sendiri dibentuk sebagai wadah generasi muda balikpapan, agar aktif melakukan inovasi dan meningkatkan kemampuan, sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan IKN. 

Adapun narasumber dalam kegiatan talk show ini adalah Presiden Mahasiswa (Presma) ITK, Adi Manggoali dan Presma STT Migas, Julio C H ME Antou dengan moderator dari Sekjen Uniba, Muhammad Agil Ahmad.

Muhammad Agil Ahmad menyampaikan, bahwa diskusi ini bertujuan untuk mencerdaskan para pemuda/mahasiswa untuk melakukan inovasi dan kreasi, sehingga tidak ketinggalan momentum Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa sebagai mahasiswa Balikpapan, jangan sampai ketinggalan dengan para pendatang dari luar Kalimantan Timur.

"Generasi Muda harus menghasilkan value berguna bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat menginspirasi semua generasi muda menghasilkan gagasan yang berguna bagi bangsa dan negara," kata Agil.

Sementara, Adi Manggoali menyampaikan sebagai Mahasiswa mempunyai peran dalam menciptakan momen-momen inspiratif dalam perkembangan teknologi dan digitalisasi. Juga menjadi tolak ukur kemajuan bangsa, yang juga bergantung dengan peran dari anak mudanya yang solutif, inspiratif, kritis dan kepekaan dalam kehidupan sosial.

Apalagi, kata Adi, dengan perpindahan IKN ke wilayah Kalimantan, maka khususnya Pemuda-pemudi yang hari ini berada di Kota Balikpapan, agar turut berkontribusi dan berinovasi dalam inovatif. 

"Mahasiswa harus mempunyai mimpi dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi. Mengacu kemajuan teknologi, bahwa penemuan dibidang teknologi berawal dari mimpi," ujarnya.

"Hasilnya dapat kita rasakan, seperti penggunaan WA, Facebook dan lainnya. Sehingga kita sebagai generasi muda Balikpapan harus mampu menguasai teknologi dan mampu untuk mengembangkannya," tambahnya.

Sehingga, Adi menambahakan masyarakat sekitarnya dapat merasakan manfaatnya, dengan memikirkan kontribusi terhadap pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

"Jangan sampai kita sebagai generasi muda Balikpapan tidak mempunyai kontribusi terhadap pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara," ulasnya.

"Kita sebagai generasi muda harus sudah siap dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan Ibu Kota Negara Nusantara adalah SDM yang mumpuni," imbuhnya.

Di sisi lain, Julio C H ME Antou menyampaikan bahwa hanya orang tidak cerdas yang menolak Ibu Kota Negara Nusantara.

Oleh karenanya, ia mengatakan sebagai pemuda, hari ini bukan lagi membahas menerima atau menolak, tetapi apa peran dan kontribusi yang perlu kita hadirkan nantinya untuk menjadi point penting dalam momentum sebagai daerah penyangga.

"Untuk kita sebagai warga lokal jangan sampai kita yang menjadi penonton di daerah kita sendiri," tandas Julio.

Selain itu, ia menuturkan ketersediaan fosil maupun sumber daya alam di Kalimantan ini sangat berlimpah dan seharusnya dapat kita manfaatkan dengan baik.

"Apabila energi yang berasal dari fosil habis, maka kita sebagai generasi muda Balikpapan sudah siap melakukan inovasi dan kreativitas, sehingga tidak ketinggalan dengan masyarakat yang berasal dari luar Kalimantan Timur," ucap Julio

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar