Paguyuban Menak Sopal Trenggalek Selalu Berkalobirasi dan Bersinergi Dengan Pemerintah TNI-POLRI Mendukung Pembangunan IKN

Balikpapan - bidikfakta.com, Berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Sekretaris Paguyuban Menak Sopal Trenggalek Kota Balikpapan Heri Subagio menerangkan terkait pandangan dan kesiapan paguyuban menyambut hadirnya IKN di Kalimantan Timur.

"Sebagai warga Balikpapan berasal dari Trenggalek, berkenaan dengan pindahnya IKN Nusantara di Kaltim kami sangat bersyukur karena dengan datangnya IKN seperti ketiban durian runtuh, rezeki yang luar biasa IKN datang sendiri ke Kaltim, maka kita patut untuk bersyukur," terangnya pada Kamis (9/3/2023).

Kemudian, Di Kaltim ini kita bisa mempersiapkan diri, di mana sejak Kaltim jadi nominasi kita sudah berharap dan berdoa supaya setelah masuk nominasi ini kita terpilih jadi tempat IKN.

"Dari paguyuban kita setelah Pak Jokowi  mengumumkan terpilihnya Kaltim menjadi IKN, dalam kegiatan pertemuan di paguyuban kita mulai membicarakan, mempersiapkan diri, apa kesiapan-kesiapan kita sesuai dengan bidang masing-masing. Kita motivasi supaya paguyuban juga ikut andil, tidak menjadi penonton dan menjadi tuan rumah di tempat sendiri serta untuk anak cucu kita," ungkapnya.

Heri Subagio menjelaskan, Kita di paguyuban itu sama-sama apapun profesinya. Kita persiapkan diri dan juga berkolaborasi dengan Pemerintah Kota, kalau ada event-event  kebudayaan, pendidikan, keterampilan kita juga memberi kontribusi. Kita mempersiapkan diri dengan meningkatkan  keterampilan-keterampilan, kursus- kursus agar bisa ikut andil. Keterampilan dan kursus supaya basik untuk keterampilan kita punya. Jadi apapun bidangnya kalau disiplin ilmunya kita bisa masuk.

"Upaya kita berkaitan paguyuban dengan adanya IKN, IKN ini seperti tempat baru,  rumah baru, maka kita juga mengupayakan kita bisa mewarnai rumah baru kita. Jadi apa potensi yang ada di rumah baru kita, upayakan warga kita juga bisa memberi kontribusi, jadi paguyuban harus memberi warna di IKN," ujar Heri.

Selanjutnya, Paguyuban Menak Sopal Trenggalek selalu berkolaborasi, sesuai tema Ulang Tahun Kota Balikpapan tahun ini, "Balikpapan Berkolaborasi, Balikpapan Bersinergi", sehingga kita paguyuban bersinergi dengan Pemerintah, TNI-Polri mendukung sepenuhnya untuk IKN.

"Kalau kita mengambil slogan dari TNI-Polri bahwa kita ini rakyat, pemerintah, TNI Polri itu bersatu, perjuangan rakyat semesta, perjuangan semesta untuk IKN jadi bersama-sama ayo kita dukung sepenuhnya untuk IKN di Kaltim dan Balikpapan sebagai penyangga. Kita pintu utama jadi kita sebagai pintu utama harus mempersiapkan terutama kesiapan warganya harus terbuka, dengan pendatang. Kalau nanti dari pemerintah sistem administrasi pemerintah sudah siapkan, kita garda terdepan masyarakat harus ramah dan siap, kita jadi tuan rumah jangan menerima tamu tanpa senyum dan jangan sampai tamu takut, jadi ke IKN itu welcome," imbuhnya.

Selain itu, Hadirnya IKN di Kaltim ini luar biasa dampak positifnya untuk warga, khususnya Balikpapan ini sudah terasa, kalau kita lihat  akses jalannya pun sudah luas, jalur simpangan-simpangan sudah lebar, kemudian untuk lapangan pekerjaan kalau kita lihat siapa yang mau kerja betul-betul akan ada, berbeda kalau pekerjaan pilih-pilih. Kemudian secara ekonomi kalau kita lihat dari perhotelan maupun dari rumah makan, catering-catering itu luar biasa pesanannya, bahkan ada teman di paguyuban dari tambak ikan pun sudah kewalahan karena order dari IKN itu luar biasa. Inilah yang kita harapkan, kita dukung karena dampak positifnya luar biasa, bukan untuk kita saja tetapi untuk anak cucu kita nanti bahkan sampai ke pendidikan, adanya IKN itu SDM dan pendidikan itu di atas.

"Paguyuban Menak Sopal Trenggalek siap jadi garda terdepan untuk mengawal keberadaan IKN di Kaltim, kita berdoa semoga program yang sudah disampaikan pemerintah dapat selesai  sesuai rencana. Kita berdoa agar  program pemerintah ini terlaksana dan kita semuanya bisa merasakan kepindahan IKN di Kaltim," pungkasnya

Ket : (Heri Subagio Sekretaris Paguyuban Menak Sopal Trenggalek Kota Balikpapan)

Humas Nasional Bidik Fakta Hardianto.

Posting Komentar

0 Komentar