Paguyuban Parahyangan Balikpapan Siap Menyambut Hadirnya IKN Nusantara di Kalimantan Timur

Balikpapan - bidikfakta.com, H. Mohammad Henky Mulyana selaku ketua menyatakan bahwa, Paguyuban Parahyangan Kota Balikpapan menyambut dengan gembira perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur. 

Bahkan, dalam rangka perpindahan Ibu Kota baru tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan rencana jangka pendek dan panjang.  

"Rencana tersebut antara lain memperkuat persatuan Paguyuban Parahyangan untuk mempersiapkan diri pindah ke Kalimantan Timur. Kemudian  mempersiapkan SDM untuk bisa diterima di dalam lingkup IKN itu sendiri," kata Ketua Paguyuban Parahyangan Kota Balikpapan, H. Mohammad Henky Mulyana, Selasa (28/3/2023).

Henky mengaku, dalam masa pembangunan IKN Nusantara sudah terdapat warga Paguyuban Parahyangan khususnya dari Jawa Barat yang bekerja di Sepaku/IKN. 

Adapun tantangan ke depan yang akan dihadapi, kata dia, yakni akan banyaknya pendatang/migrasi dari luar daerah yang berpindah ke Kaltim khususnya Balikpapan yang notabene sebagai penyanggah IKN.

"Oleh karena itu, warga Paguyuban harus memiliki keahlian sehingga bisa bersaing dengan cara yang lugas," tegasnya.

Menurutnya, IKN akan memberikan dampak positif dan negatif. Untuk sisi positifnya, jelasnya, yaitu kegiatan perekonomiannya menjadi lebih meningkat di wilayah Kalimantan Timur khususnya Sepaku. Apalagi, peningkatan ini dapat dilihat sejak pertama kali IKN dicanangkan untuk pindah.  

Sementara dampak negatifnya, antara lain potensi terjadi kemacetan dan potensi terjadinya kecemburuan sosial.  Serta tingkat kepadatan penduduk (migrasi) menjadi meningkat ketimbang penduduk lokal. 

"Namun demikian, potensi munculnya dampak negatif dapat diatasi dengan cara bekerjasama dengan semua pihak," ungkapnya.

Henky menambahkan, Paguyuban Parahyangan sejatinya menyatakan ikut untuk menyambut IKN Nusantara dan meyakini proses perpindahan itu segera terwujud.

Kendati begitu, dalam rangka mensukseskan perpindahan IKN Nusantara ke Kalimantan Timur, pihaknya pun sejatinya siap membantu/berkolaborasi dengan TNI-Polri.  

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah menetapkan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur, mudah-mudahan perpindahan IKN berjalan lancar," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto

Posting Komentar

0 Komentar