Pemindahan IKN Nusantara Ke Kalimantan Sangat Berkah Bagi Kota Balikpapan

Balikpapan - bidikfakta.com, Adanya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) berdampak positif bagi perekonomian di Kota Balikpapan sebagai Kota penyangga dan pintu gerbang IKN Nusantara.

Menurut Dodi Aurora, Selaku Kepala Cabang PT. Hasta Nusa Indah (Rapak Plaza) Kota Balikpapan menerangkan berkaitan pandangan dan dampak pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan terutama ke Penajam yang juga berdekatan dengan Balikpapan sangat berkah bagi Balikpapan," terangnya pada Senin (20/3/2023).

Selain sebagai berkah, Pemindahan IKN sesuai dengan cita-cita dari pendiri bangsa ini bahwa Ibu Kota itu harusnya Indonesia Sentris. 

"Saya rasa banyak yang mendukung apalagi untuk warga Kalimantan Timur pasti banyak mendukung," ucapnya.

Ia menjelaskan, Untuk kesiapan kita berjalan seperti biasa karena kita juga di sini pasar tradisional dan pasar modern perpaduan dua pasar itu dan juga pedagangnya sudah lengkap di sini, semua itu ada di sini, paling kami bersaing dengan pelayanan, memperbaiki yang lainnya dan kekuranganya.

"Kita berupaya juga melakukan pembenahan pelayanan, persiapan untuk meningkatkan fasilitas-fasilitas, kalau untuk penambahan memang belum, pas sudah momentumnya IKN akan pindah kita akan melihat itu juga, kalau saat ini kita bagaimana memaksimalkan pelayanan ke pengunjung yang datang, pedagang juga bagaimana melayani pengunjung itu dengan baik," ungkapnya.

Dodi menambahkan, Kalau tantangan pasti ada, terkait tantangan lebih baik dibuat kolaborasi bahwa kita bersama, bagaimana bisa maju bersama baik itu yang baru datang ataupun juga pedagang UMKM disini.

"Kita lihat UMKM kita di Kota Balikpapan cukup siap, tidak takut bersaing dengan pelaku UMKM yang baru datang dari luar daerah," ujar Dodi.

Selanjutnya, Dampak positif pasti ada, apalagi kemarin habis covid pasti ada, apalagi dengan ada penambahan kegiatan IKN, bertambahnya juga orang dan pekerja yang hadir pasti perputaran ekonomi terjadi di Balikpapan dan tentunya berdampak positif baik bagi kami di pasar tradisional dan di pasar modernnya ada pertumbuhan.

"Kami dari pengelola Rapak Plaza mendukung Pembangunan IKN, semoga pembangunan IKN lancar, sesuai dengan schedule yang direncanakan dan semoga bermanfaat bagi masyarakat Indonesia ke depannya," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar