Pasak Bakudapati Balikpapan Siap Menjadi Garda Terdepan Bersama TNI dan Polri Menjaga Kondusifitas Pembangunan IKN Nusantara

Balikpapan - bidikfakta.com, Persatuan Suku Asli Kalimantan Banjar, Kutai, Dayak, Paser, Tidung (Pasak Bakudapati) DPC Kota Balikpapan sejatinya mendukung kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berpindah dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). 

Ya, hal itu ditegaskan oleh Ketua Pasak Bakudapati Balikpapan, Nurachman. Menurutnya, hadirnya IKN Nusantara di Kaltim merupakan berkah bagi masyarakat Kalimantan. 

"Sehingga kami siap mendukung dan membantu dalam proses pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara," ujar Nurachman, Sabtu (1/4/2023).

Adapun upaya dari dukungan itu, lanjutnya, Pasak Bakudapati sudah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dilibatkan dalam pembangunan IKN Nusantara. Namun demikian, pihaknya membutuhkan pelatihan kerja atau support dari Pemerintah agar SDM lokal yang diciptakan/disiapkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja, kata dia, Pemerintah harus memperluas pelatihan yang diberikan. Agar putra-putra daerah khususnya Kalimantan Timur bisa mempunyai skill-skill yang lebih baik lagi ke depannya.

"Supaya ada kontribusi kami (SDM lokal) dalam pembangunan IKN Nusantara," katanya.  

Di sisi lain, Nurachman mengaku bahwa hadirnya IKN juga akan menimbulkan tantangan. Karena kehadiran migrasi atau tenaga kerja luar diyakini akan menjadikan daya saing SDM semakin ketat dalam berkontribusi di IKN.

Oleh karenanya, pihaknya pun akan siap untuk bersaing di dalam dunia pekerjaan tersebut. Namun, ia meminta kepada pihak pengelola/perusahaan mesti memperhatikan gaji yang diterima para SDM/pekerja lokal.

"Harapan kami, khusus pekerjaan harian/borongan selain gaji juga harus ada BPJS sehingga para pekerja tersebut dapat bekerja dengan tenang," pintanya.

Selain tantangan, adanya IKN tentu juga memberikan dampak positif bagi daerah sekitar khususnya Balikpapan selaku kota peyanggah. Seperti, kata Nurachman, imbas IKN akan memajukan seni-seni budaya dan UMKM Kota Beriman.

"Dampak pembangunan IKN itu akan memperbaiki taraf penghasilan orang-orang yang terlibat di UKM dan meningkatkan perekonomian khususnya yang ada di Kalimantan,"terangnya.

Ditambahkannya, Pasak Bakudapati sejatinya siap bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan TNI-Polri demi kelancaran pembangunan IKN. 

"Apabila nantinya ada yang membuat suatu masalah di proyek IKN kami siap jadi garda terdepan bersama TNI dan Polri," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar