Duta Olahraga Kota Balikpapan Siap Mensukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Balikpapan - bidikfakta.com, Terkait tanggapan pemuda/kaum milenial terhadap perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Duta Olahraga Kota Balikpapan, Farrellyn menyatakan sangat mendukung fenomena tersebut. Bahkan, pihaknya sejatinya juga akan ikut mensukseskan pembangunan yang sudah berjalan saat ini.

"Sebagai Duta olahraga, saya sangat senang mendengar hal itu. Dan ke depannya kami juga berharap, semoga  bukan hanya infrastrukturnya saja yang meningkat, tapi hingga ke Sumber Daya Manusia (SDM) juga ikut maju," kata Farrellyn, Sabtu (6/5/2023).

"Kami Duta Olahraga Kota Balikpapan siap untuk mensukseskan pembangunan yang ada di Ibu Kota Negara," ungkapnya.

Farrellyn meneruskan, dalam menyambut pembangunan IKN, pihaknya menegaskan sudah sangat siap. Apalagi dengan tercetusnya wacana dari Ketua PSSI, di mana akan didirikannya Stadion Utama di IKN Nusantara.

Hal tersebut diapresiasi oleh Duta olahraga Balikpapan. Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya mengaku sangat bangga, apalagi jika wacana stadion itu dapat terwujud. Karena dapat memberikan dampak yang tinggi kepada peminat olahraga di Kalimantan Timur.

"Menurut saya itu sangat bagus, karena bisa mendorong generasi muda yang ada di Kaltim khususnya di Penajam Paser Utara, untuk bisa meningkatkan minat olahraga sepak bola nya. Dan pembangunan IKN juga berdampak positif terhadap pemerataan pembangunan di Kalimantan Timur dan sekitarnya," akunya.

Adapun upaya lain yaitu, Duta olahraga Balikpapan pun bersedia untuk turut menyukseskan proses perpindahan IKN Nusantara kini. 

Balikpapan yang merupakan kota penyangga sekaligus pintu gerbang IKN Nusantara, kata dia, memotivasi serta mendorong pihaknya guna turut berkontribusi dalam menyukseskan program Pemerintah Pusat tersebut.

Sehingga, Duta olahraga Balikpapan sejatinya siap menjadi SDM yang unggul dan berkompeten, agar dapat bersaing dengan pekerja luar/asing yang akan datang dan berimigrasi ke IKN Nusantara.

"Kami akan terus mendukung program Pemerintah. Dan kami pun siap menjadi SDM yang unggul dan kompeten," tegasnya.

Kendati begitu, tantangan dan kendala diyakini pasti ada dari hadirnya migrasi luar daerah menuju ke IKN. Namun, kata Farrellyn, keanggotaannya selaku Pemuda mesti siap menghadapi hal itu. 

Ia mengaku, kendala itu termasuk masih minimnya pelatihan-pelatihan yang melibatkan pemuda di Kota Balikpapan. Sehingga persoalan itu terus mengemuka dalam menyambut hadirnya IKN.

"Untuk nantinya kami berharap agar pemerintah dapat menyiapkan dan memberikan pelatihan, agar kualitas SDM lokal kita semakin unggul dan dapat dilibatkan dalam proses pembangunan IKN Nusantara. Serta diberdayakan dalam pemerintahan otoritas Nusantara," harapnya.

"Dan mau tidak mau, kami harus berkolaborasi atau sekalipun bersaing dengan para SDM dari luar tersebut," sambungnya.

Ia menambahkan, bahwa kelompoknya sebagai Duta olahraga akan siap mendukung dan mensukseskan pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur. 

"Semoga pembangunan IKN Nusantara dapat selesai dengan waktu yang telah ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur," tuntasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto

Posting Komentar

0 Komentar