Forum Duta Olahraga Kota Balikpapan Mendukung Pembangunan IKN Nusantara Dengan Meningkatkan SDM Bidang Olahraga

Balikpapan - bidikfakta.com, Ketua Forum Duta Olahraga Kota Balikpapan, Muhammad Hambali menganggap bahwa perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur, cukup memberikan dampak yang positif khususnya bagi bidang olahraga di Kota Balikpapan.

Kendati begitu, Ia selaku Ketua sejatinya mendukung hadirnya IKN, sebab diyakininya perkembangan dunia olahraga di Kota Beriman pun akan semakin maju karena perpindahan Ibu Kota baru tersebut.

"Sebab banyak hal positif dari hadirnya IKN, khususnya di bidang olahraga," kata Muhammad Hambali, Selasa (9/5/2023).

Dampak positif itu, kata Hambali adalah, di mana pusat-pusat olahraga di Indonesia akan dialihkan ke Kalimantan Timur, sehingga menyebabkan wilayah sekitarnya khususnya Balikpapan, akan merasakan dampak dari banyaknya pengenalan olahraga-olahraga lain yang mungkin belum diketahui masyarakat.

Serta, pun akan banyak pembibitan-pembibitan atlet baru sehingga bisa meningkatkan prestasi Kaltim utamanya Balikpapan.

"Kami Forum Olahraga Kota Balikpapan khususnya mendukung dengan cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang olahraga, sehingga warga-warga Balikpapan sudah memahami tentang olahraga dan bisa menjadi daya saing untuk Ibu Kota sebelumnya," akunya.

Menurutnya, dengan terbangunnya IKN di Kaltim nanti, akan meningkatkan daya saing bagi atlet-atlet Kota Balikpapan dan sekitarnya. Oleh karenanya, banyak seleksi yang akan dilakukan demi memperoleh bibit-bibit baru.

"Dengan itu, Pemerintah akan memiliki banyak PR untuk menunjang sarana dan prasarana olahraga di Kalimantan Timur, karena memang saat ini Kaltim masih banyak yang belum mendapatkan sarana dan prasarana olahraga itu," ungkapnya.

Adapun daya dukung dengan adanya IKN, tentu pihaknya sudah sangat siap dalam hal membantu program-program pemerintah di bidang olahraga. Sebagaimana, kata dia, dengan adanya pembangunan stadion di IKN ke depannya, akan sangat membantu pusat pelatihan olahraga Kaltim dan daerah sekitar, sehingga makin memperbanyak pelatihan yang dilaksanakan.

"Dan tentunya Duta Olahraga akan mendukung penuh pelatihan tersebut," sambungnya.

Pun demikian, Forum Duta Olahraga Balikpapan juga merencanakan strategi-strategi yang bisa dilakukan dalam pemindahan IKN kini. Seperti mencari relasi dan juga melakukan perencanaan-perencanaan program kerja yang dapat membangun kolaborasi di bidang olahraga.

Kemudian juga memperluas jaringan, agar pusat olahraga Indonesia khususnya di Kalimantan Timur berkembang dengan lebih pesat. 

"Berkaitan dengan ketua umum PSSI akan membangun stadion di wilayah IKN Nusantara, kami Forum Duta Olahraga Balikpapan akan mendukung dan juga mensukseskan pembangunan tersebut," ujar Hambali.

Hambali kembali menegaskan, Forum Duta Olahraga Kota Balikpapan siap mendukung dan mengawal proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur, agar sesuai dengan yang ditargetkan Pemerintah Republik Indonesia. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi yang telah menetapkan IKN di Kalimantan Timur. Dan juga kepada Ketua umum PSSI yang akan membangun stadion utama di Ibu Kota Negara Nusantara," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar