Gekraf Kota Balikpapan Siap Mengawal dan Mensukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Balikpapan - bidikfakta.com, Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kota Balikpapan menyatakan sudah siap menyambut hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Ya, hal itu disampaikan oleh Ketua Gekraf Kota Balikpapan, Ulfan Refianur. Bahkan, kelompoknya selaku pemuda dan pegiat ekonomi kreatif, sejatinya juga siap bersaing dengan Sumber Daya Manusia (SDM) luar yang akan datang ke Kalimantan Timur. 

"Karena kami sebagai penggiat ekonomi sudah mempunyai rencana mempersiapkan SDM kami yang unggul, agar dapat dilibatkan di dalam proses pembangunan IKN Nusantara," kata Ulfan Refianur, Kamis (11/5/2023).

Adapun persiapan yang tengah dilakukan pihaknya antara lain yakni, mempersiapkan kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk barang dan lainnya. Selain itu, kelompoknya pun bersedia terlibat dalam mensukseskan proses pembangunan dan pemindahan Ibu Kota baru tersebut.

Kendati demikian, Ulfan mengatakan bahwa perlunya meningkatkan pelatihan bagi para pemuda yang ada di Kota Balikpapan. 

"Saat ini pelatihan itu masih minim. Dan kami berharap kepada Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kaltim dan Balikpapan, agar melibatkan para pemuda lokal dalam pelaksanaan pelatihan-pelatihan, supaya SDM kami semakin unggul dan dapat terlibatkan dalam proses pembanguna serta struktur IKN Nusantara," harap Ulfan.

Menurutnya, hadirnya IKN tentu akan mengundang perhatian warga luar yang hendak berkontribusi di IKN. Dan hal itu, tentu merupakan tantangan. Namun meski begitu, Gekraf Kota Balikpapan yang sejatinya sebagai masyarakat lokal, menegaskan siap bekerjasama ataupun bersaing, sehingga tidak menjadi penonton di Tanah sendiri.

"Karena kami harus menjadi tuan di tanah kami sendiri. Maka itu, kami harus dapat bersaing dengan para pendatang yang akan ke kota Balikpapan dan Kalimantan Timur pada umumnya," sambungnya.

Di sisi lain, perpindahan IKN Nusantara telah memberikan dampak positif yang mengacu pada pembangunan Indonesia sentris. Sebab, kata dia, pembangunan tidak lagi terpusat di Jawa saja, tetapi juga berfokus ke pulau borneo khususnya Kaltim.

Nah, dampak positif itu kini sudah dirasakan oleh pegiat ekonomi kreatif dengan semakin larisnya produk-produk dan kreasi UMKM lokal. Hal itu pastinya merujuk ke meningkatnya perekonomian di Kota Balikpapan.

"Tentunya kami sebagai masyarakat lokal yang ada di kota Balikpapan, sangat mendukung proses pembangunan dan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur," ungkapnya.

Ulfan menambahkan, terkait proses pemindahan, Gekraf Kota Balikpapan memastikan siap mengawal dan sekaligus ikut mensukseskan pembangunan IKN Nusantara. Bahkan, pihaknya pun siap bekerja sama bersama Pemerintah, TNI- Polri demi terciptanya IKN di Kalimantan Timur. 

"Semoga pembangunan IKN dapat selesai sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Dan kami ucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi yang telah memindahkan IKN ke Kalimantan Timur," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar