Hadirnya IKN Nusantara Sangat Berdampak Positif Terhadap Parawisata di Kota Balikpapan

Balikpapan - bidikfakta.com, Sebagai pengelola wisata, Sekretaris Pokdarwis Wisata Bekantan Kota Balikpapan, Eni Tri Astuti berpandangan bahwa hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) sangat berdampak positif bagi Kota Balikpapan. Juga, merupakan anugerah tuhan melalui Pemerintah Pusat bagi warga Kalimantan Timur.

Menurutnya, dampak positif itu seperti banyaknya penduduk yang hijrah menuju Kaltim khususnya ke Balikpapan, sehingga borpotensi menaikkan jumlah pengunjung ke Kampung Wisata Bekantan yang menjadikan meningkatnya perekonomian Kota Beriman.  

"Dengan adanya dampak positif itu, maka kami pengelola wisata Bekantan sangat mendukung pembangunan IKN yang terus berjalan," ungkap Eni Tri Astuti, Rabu (24/5/2023).

Dampak lainnya yakni, kata dia, yaitu letak posisi Pokdarwis yang berdekatan dengan Hotel, sehingga diharapkan tamu-tamu akan tertarik mengunjungi tempat wisata tersebut dengan berbondong-bondong menuju ke lokasi.

"Kami akan menyambut mereka dengan ramah dan tentunya akan memperbaiki kondisi yang ada di sini. Agar mereka akan senang dan merasa punya kenangan dan akan kembali lagi," harapnya.

Eni meneruskan, adapun upaya yang dilakukan pihaknya dalam mendukung dan menyambut kehadiran IKN Nusantara yaitu mengembangkan kreativitas dan inovasi, seperti peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Wisata Bekantan dengan masyarakat sekitar.

Kemudian, kelompoknya juga akan melakukan perubahan, agar wisata yang digeluti semakin dikenal dan kian banyak pengunjung. 

Dalam peningkatan SDM dari warga sekitar, itu dilakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata. Di mana pelatihan-pelatihan diberikan kepada masyarakat sekitar kawasan wisata. 

"Kami bersyukur sudah banyak masyarakat yang mengikuti pelatihan, sehingga berdampak terhadap peningkatan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke lokasi wisata," ujarnya.

Meski begitu, baginya IKN juga memberikan tantangan terutama masuknya pendatang luar daerah. Oleh karena itu, kelompoknya berusaha mengembangkan segala upaya dengan menata lebih baik lagi, agar nantinya sektor wisata di tempatnya makin elok disajikan.

Erni menilai, kendala wisata lokal lainnya karena dikelola swadaya masyarakat sendiri, sehingga kedepannya banyak sekali yang mesti dibenahi. Namun itu merupakan dorongan agar Wisata Bekantan Balikpapan sejatinya meningkat dan menarik banyak pengunjung.

"Dari hasil memperoleh pendapatan dan memberdayakan masyarakat, pihaknya akan memperbaiki tempat tersebut agar semakin apik dan menarik. Dan imbasnya kembali lagi ke perekonomian Kota," terangnya.

"Dan wisata kita juga akan tambah ramai. Dan supaya semuanya menguntungkan bagi sektor pariwisata Balikpapan khususnya di kampung Wisata Bekantan," sambungnya.

Eni menambahkan, pihaknya selaku Pokdarwis Kota Balikpapan siap mendukung hadirnya IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Dan mendoakan supaya pembangunan bisa berjalan sesuai target yang ditetapkan Pemerintah dan berdampak khususnya bagi Balikpapan.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden RI yang mengunjungi Pokdarwis rekan kami di wisata Meranti. Dengan adanya kunjungan tersebut, masyarakat di sini sangat antusias untuk selalu mendukung adanya pariwisata yang ada di Kota Balikpapan. Dan menunjang peningkatan perekonomian bagi seluruh masyarakat yang ada di Balikpapan," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar