KN Akan Menjadi Peradaban Yang Sangat Besar Bagi Kalimantan Timur

Balikpapan - bidikfkta.com, terkait perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ketua Executive Committee (Exco) Partai Buruh Kota Balikpapan, Ishak Idris Manggabarani melihat bahwa hal itu akan menguntungkan Balikpapan sebagai kota penyangga.

Menurutnya, bergulirnya proyek di IKN kini juga akan berdampak pada berlangsungnya pembangunan di Kota Balikpapan.

Dengan demikian, pihaknya sejatinya sangat mendukung perpindahan Ibu Kota baru tersebut. Di mana yang tadi hanyalah wacana kini terbukti. Dan IKN, kata dia, akan menjadi salah satu peradaban yang sangat besar khususnya bagi Kalimantan Timur.

"Jadi kami dari Partai Buruh sangat mendukung apa yang dilakukan Pemerintah Pusat dengan adanya IKN dan untuk kelangsungan ke depannya," ungkap Ishak Idris Manggabarani, Senin (29/5/2023).

Adapun kesiapan Partai Buruh dalam menyambut IKN, lanjut Ishak, pihaknya tengah menyiapkan tenaga kerja dan kontraktor lokal yang dimiliki di Kaltim khususnya Balikpapan, untuk dapat diberdayakan ke depannya.

Baginya yang dimiliki tersebut merupakan aset, sehingga nantinya para pekerja dan kontraktor itu dapat berkompetisi dengan daerah-daerah lain.

"Kami tidak mau hanya jadi penonton di sana, setidaknya orang-orang atau pekerja-pekerja kami sudah kami siapkan untuk project IKN," ujarnya.

Kemudian kesiapan lain, pihaknya selaku Partai Buruh sebagai Exco Kota Balikpapan akan melibatkan beberapa kader serta pengurus-pengurusnya, untuk terlibat langsung baik dalam penjaringan tenaga kerja maupun pengawasan.

"Karena setiap warga negara ataupun masyarakat berhak untuk mendapatkan pekerjaan yang layak," tegasnya.

Sementara itu, program Partai Buruh ke depan dengan hadirnya IKN yakni, memfasilitasi link calon investor yang berasal dari luar daerah.

"Rekan-rekan yang dari pulau lain mungkin mau berinvestasi di Kota Balikpapan khususnya akan kami fasilitasi, itu yang kami lakukan," bebernya.

Di sisi lain, Ishak mengaku dengan adanya IKN memunculkan tantangan baru yaitu persaingan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dan luar. Oleh karenanya, Partai Buruh berupaya memberdayakan masyarakat Balikpapan.  

Meski SDM luar sudah lebih dulu memiliki skill dan kemampuan yang profesional, namun bukan berarti ia tidak optimis pada SDM lokal.

"Pekerja-pekerja kita juga mampu, tinggal pemerintah bagaimana bisa menerapkan seperti pelatihan-pelatihan untuk melihat anak-anak kita berkembang ke depannya. Karena persiapan IKN merupakan persiapan kami dan orang-orang kami. Dan setidaknya nanti persentase pekerjaan, kami juga harus dilibatkan dalam kegiatan IKN," ulasnya.

Selain itu, ia menganggap Balikpapan sejatinya sudah merasakan dampak dari perpindahan IKN, yang mana ekonomi masyarakat sudah meningkat dan budaya lokal juga semakin dikenal/diketahui warga luar.

"Dampak positifnya sudah sangat banyak sekali kita dapatkan di sini. Setidaknya dari sisi ekonomi, Infrastruktur- infrastruktur yang sudah dibangun selama ini sudah sangat bagus yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat," ucapnya.

Ishak menambahkan, Partai Buruh sejatinya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah memberikan apa yang diharapkan pada peradaban di Kaltim khususnya Balikpapan saat ini.

"Kami tetap akan mendukung dan mengawal sampai tahap penyelesaian, kalau bisa pembangunan IKN selesai sebelum target dan harus bisa tuntas pada waktunya," tutupnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar