Menyambut IKN Nusantara Pokdarwis Mangrove Centre Graha Indah Balikpapan Mempersiapkan SDM Unggul

Balikpapan - bidikfakta.com, Sebagai pengelola wisata, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mangrove Centre Graha Indah Kota Balikpapan, Vita Ameliana berpandangan bahwa hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sangat berdampak positif khususnya bagi warga Kota Balikpapan. 

Bahkan menurutnya, perpindahan IKN merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengembang destinasi wisata maupun pelaku UMKM Balikpapan. 

"Dampak positif bagi masyarakat khususnya untuk Pokdarwis Mangrove Centre Graha Indah yaitu, kami mengalami peningkatan jumlah pengunjung wisata yang melonjak hingga 70 persen," ujar Vita Ameliana, Sabtu (3/6/2023).

Dengan adanya Ibu Kota baru tersebut, lanjutnya, pihaknya yang sejatinya sebagai warga Balikpapan yang menjadi Kota penyangga sekaligus pintu gerbang IKN, akan mengembangkan kreatifitas dan inovasi sektor Wisata Mangrove Centre Graha Indah, sehingga semakin mengundang banyak wisatawan menuju Kaltim khususnya Balikpapan.

"Pengembangan inovasi dan kreatifitas itu akan kami perkenalkan melalui brosur-brosur sebagai pendukung guna menyambut IKN," terangnya.

"Saya juga akan mengajak warga sekitar untuk mengembangkan UMKM sebagai cindera mata atau kenang-kenangan bagi para pengunjung yang datang ke Mangrove Centre Graha Indah," tambahnya.

Vita mengaku, adapun upaya lain yang kelompoknya lakukan dalam menyambut IKN yakni meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Di mana keanggotaanya sudah mengikuti pelatihan-pelatihan pemasaran pariwisata di Kaltim hingga ke Asia Pasifik.

"Hal itu kami upayakan agar wisata kami semakin diminati oleh wisata lokal maupun mancanegara," ungkapnya.

Kendati demikian, Vita tidak memungkuri adanya tantangan dari hadirnya IKN. Sebagai penggelut usaha kepariwisataan lokal, kata dia, datangnya pelaku usaha luar bakal memacu persaingan. Oleh karena itu, Pokdarwis Mangrove Centre Graha Indah sejatinya tetap berada dijalur optimis yang berkreatif guna bersaing secara positif dengan pembisnis luar.

"Kami sebagi pelaku wisata lokal siap bersaing dengan mereka," tegasnya.

Di sisi lain, Vita mengatakan bahwa hadirnya IKN berbanding lurus dengan dunia pariwisata, yang tentunya memicu ramainya pengunjung yang singgah ke Kota Beriman. Meski begitu, ia masih mengeluhkan akses yang sulit menuju ke destinasi Mangrove Center Graha Indah.

"Kami terkendala dengan akses jalan menuju tempat wisata. Bus-bus besar atau truck tidak bisa masuk ke destinasi kami dikarenakan akses jalannya terlalu sempit," akunya.

"Kami berharap Pemerintah Kota Balikpapan bisa membantu akses jalan untuk masuk ke wisata kami, sehingga para wisatawan dari lokal maupun mancanegara tidak terganggu atau kesulitan untuk menuju ke destinasi wisata Mangrove Centre Graha Indah Balikpapan," harapnya.

Ditambahkannya, ia selaku Ketua Pokdarwis Mangrove Centre Graha Indah Balikpapan, secara tegas menyatakan mendukung pembangunan IKN Nusantara agar selesai sesuai target yang ditentukan Pemerintah Republik Indonesia.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto

Posting Komentar

0 Komentar