Sijago Merah Melalap Permukiman Padat Penduduk di Kawasan Manggarai Utara dua

Jakarta - bidikfakta.com, Kawasan permukiman padat penduduk hangus terbakar di Jalan Manggarai Utara 2 tepatnya di pinggir Sungai Ciliwung, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/23) sekitar pukul 11.00 WIB.

Hembusan angin kencang membuat api dengan cepat merambat rumah warga dan api terlihat berkobar besar di lokasi kejadian.

Informasi dihimpun sebanyak 30 unit mobil dan 150 personil Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.


Perwira Piket Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan Imbang Satriana mengatakan informasi berawal dari Ketua RT setempat saat berada di rumah kontrakan tukang rokok yang terjadi diduga arus pendek listrik lalu api merambat ke bangunan di sekitarnya.

"Api semakin menjalar ke sejumlah rumah warga seluas 1.500 meter persegi yang dihuni sebanyak 61 kepala keluarga (KK) dengan titik kenal pangkalan bambu," ucapnya.


Imbang mengungkapkan dalam pemadaman api tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 150 personel di lokasi.


"Pemadaman dimulai pukul 11.27 WIB hingga pendinginan pukul 12.25 WIB. Tercatat kerugian yang ditaksir dari kebakaran tersebut menghabiskan Rp1,7 miliar," ungkapnya.

Imbang menjelaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat sebanyak 61 KK atau 280 jiwa telah mengungsi di lokasi terdekat, yakni SDN 01 Cibono Manggarai.

"Akibat kejadian ini Dua orang luka-luka dan sesak napas yang sudah ditangani oleh pihak ambulans gawat darurat," jelasnya.

Jurnalis : R.Septyandaru
Editor : Yoyon Wardoyo

Posting Komentar

0 Komentar