Semarak Nobar Debat Capres RFG Ponorogo Hadirkan Pengamat Politik

PONOROGO - bidikfakta.com, Nonton bareng (Nobar) yang digelar oleh Relawan For Gibran (RFG) Kabupaten Ponorogo, Minggu 7 Januari 2024 malam di Angkringan Omah Mawar, Kelurahan Nologaten, Kecamatan Kota Ponorogo berlangsung menarik. 

Acara  tersebut dihadiri  ratusan  Relawan For Gibran (RFG) dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Ponorogo. "Nobar dihadiri oleh beberapa kalangan seperti masyarakat, mahasiswa, dan perwakilan organisasi kepemudaan," terang Koordinator RFG Ponorogo, Erlangga Bicky.


Dia menambahkan pada kesempatan tersebut, Prabowo Subianto, capres Koalisi Indonesia Maju, terlihat masih cukup menguasai materi debat yang bertema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Meski debat capres kali ini cukup panas, tapi acara nobar yang diadakan RFG Ponorogo berlangsung seru dan meriah. Turut hadir pengamat politik Dr. Drs. H. Suwardi, M.Si yang sarat pengalaman dalam mengamati sepak terjang sosok politik, termasuk rekam jejak dan prestasinya.

Lebih lanjut Erlangga Bicky menekankan bahwa sebagai warga negara harus cerdas dan tidak apatis, lalu antusias menyambut Pemilu 2024.

Sedangkan Suwardi menyampaikan bahwa Pilpres 2024 menarik, karena ditemukan sosok evolusi Jokowi pada paslon Nomor 2. Dia juga memperkuat keyakinan terhadap paslon no 2 by data litbang kompas, mengingat litbang kompas adalah unit survey paling independen di Indonesia.

Menurutnya, Gibran Rakabuming Raka sangat layak mendampingi Prabowo. Kombinasi lintas generasi, tua berpengalaman dan muda energik. "Kita bisa amati data by litbang kompas, mudah dicari di google. Semua orang bisa membaca itu," papar Suwardi yang juga aktif sebagai Dosen Fisip Unisri. 

Tak hanya sampai disitu, Suwardi mewanti-wanti agar pemuda dan masyarakat Ponorogo terus memperkaya literasi politik, berperan aktif dalam peristiwa politik, dan menjadi pemilih rasional. "Percaya atau tidak, berdasar pengalaman di pilres 2019 kan waktu itu jokowi banyak dibully orang, dicaci, dihajar terutama di medsos. Tapi justru dia menang," pungkas Suwardi. 

Diketahui Hasil survey litbang kompas dalam beberapa waktu ini menempatkan paslon 02 pada tempat teratas, disusul paslon 03 dan paslon 01.

Saaat ditanya wartawab soal prediksi Pilpres 2024, Suwardi mengklaim bahwa paslon 02 selalu mengalami tren kenaikan popularitas dan elektabilitas. "Faktor utamanya adalah Gibran Effect yang diyakini sebagai sosok detail baik dari segi manajemen kinerja, mentalitas kepemimpinan, serta kepribadian mirip jokowi," tandasnya. (DS)

Posting Komentar

0 Komentar