6 Desa Terdampak Bencana Longsor dan Banjir Bandang di Wilayah Kecamatan Cipongkor Bandung Barat

Bandung Barat - bidikfakta.com, Telah terjadi bencana alam banjir bandang sekitar pukul 23.00 WIB di sungai Cijambu, yang terletak di wilayah kecamatan Cipongkor dan kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat (KBB). pada Minggu 24 Maret 2024.

Kejadian ini telah meluluhlantakkan Puluhan hektar sawah, Kebun dan sekitar 30 rumah serta di sepanjang Sungai Cijambu rusak berat. Banjir bandang di Desa Sirnagalih jembatan penghubung Desa antar Sirnagalih dan Cijambu terputus.

Sementara wilayah Kampung Ciawi teredam banjir dengan ketingggian air kurang lebih 3 M, terdapat 1 korban dilarikan ke RS.  Sementara di Desa Cibenda :  Longsor Kampung Gintung kurang lebih 30 bangunan tergusur dan tertimpa tanah.Terkait korban jiwa 1 orang Anak usia 6 tahun belum ditemukan 1orang Dewasa masih dal evakuasi penyelamatan dari timbunan longsor.

Salah satu Tokoh masyarakat mengatakan," saya menilai ini adalah sebagai bukti bahwa sungai Cijambu ini sudah rusak kondisi geografis yang berada di wilayah hulu sungai Cijambu. Akibatnya dengan intensitas yang tinggi dan curah hujan yang sangat besar telah mengakibatkan banjir bandang dan Longsor yang baru pertama kali terjadi sebesar ini," jelasnya.

Selain itu, Tokoh masyarakat juga memberikan informasi, untuk saat ini sementara sekitar 30 rumah di desa Sirnagalih terendam, dan 1 rumah terancam longsor,"ungkap nya.

Bencana tersebut merenggut 6 Desa yang terkena banjir bandang, diantaranya Desa Sirnagalih, Desa Cijambu, Desa Baranangsiang, Desa Cibitung dan Desa Sukaresmi kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat.

"Saya berharap, kepada pemerintah dan para pihak yang terkait kawasan Desa  Cijambu ini maupun pemerintah Bandung Barat untuk segera merespon apa yang telah terjadi atas musibah bencana longsor di sertai banjir bandang yang memakan korban masyarakat.

(Atin Kartini)

Posting Komentar

0 Komentar