Presiden Jokowi dan Para Menteri Akan Gowes Kota Lama Semarang.


foto : ilustrasi / ist

Semarang - Bidikfakta.com, Presiden Joko Widodo akan meninjau proyek Pasar Johar Semarang hari Senin (30/12/2019) Rencananya setelah itu Presiden akan Gowes ke Kota Lama.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, ditemani Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan wakilnya, Hevearita Gunaryanti. Mereka melihat bangunan yang dibangun mirip dengan kondisi sebelum terbakar tahun 2015 lalu.

"Intinya saya menyiapkan besok kan Pak Presiden datang ke sini, beliau akan meninjau pasar Johar karena ini (pembangunan Johar) perintahnya beliau, Besok bersama dengan bu Menkeu, Menlu yang juga orang-orang Semarang," kata Basuki di Pasar Johar Semarang, Sabtu (29/12/2019).

Dari tinjauan di Pasar Johar, menurut Basuki bangunan itu siap digunakan, namun prosesnya harus fair karena menyangkut penghidupan para pedagang. Kapasitas juga tidak bisa sama seperti sebelum terbakar sehingga sebagian ada yang ke gedung baru yang akan dibangun.

"Sudah siap dioperasikan, cuman beliau (Wali Kota) lagi kesulitan memilih pedagang mana, siapa berhak masuk ke sini dulu. Ini harus berkomunikasi, harus mufakat, dengan para pedagang," pungkasnya.

Mereka kemudian meninjau proyek pengembalian alun-alun Kota Semarang yang ada di samping Pasar Johar. Rencananya Jokowi juga akan melihatnya sebelum melanjutkan kunjungan ke Kota Lama Semarang.

Untuk diketahui, Pasar Johar merupakan cagar budaya karya Thomas Karsten dan diresmikan 9 Juni 1939. Namun 9 Mei 2015 bencana terjadi, kebakaran melahap bangunan cagar budaya itu. 

Pemerintah pusat menggelontorkan APBN senilai Rp 146 miliar dengan masa pengerjaan tahun 2018-2019. Dengan menjaga arsitektur aslinya, Pasar Johar kini sudah rampung diperbaiki.

Pantauan Menteri PUPR akan dilanjutkan malam nanti di Kota Lama Semarang. Rencananya Jokowi besok akan didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio di Kota Lama.

"Ada 4 spot yang akan dikunjungi beliau termasuk dengan pak Wishnutama, ini akan kita gerakkan pariwisatanya di Kota Lama Semarang ini," tegasnya.

Sementara itu terkait kunjungan Presiden, Hendrar atau yang akrab disapa Hendi mengatakan Presiden direncanakan naik sepeda dari Pasar Johar ke Kota Lama Semarang. Jaraknya dua tempat itu memang tidak terlalu jauh.

"Beliau juga dengar Kota Lama ramai, banyak dikunjungi, beliau ingin melihat. Kita persiapkan yang terbaik mulai rute hingga persiapan teknis. Beliau besok langsung turun di Pasar Johar, dari sini naik sepeda ke Kota Lama," jelas Hendi.

"Ada beberapa titik beliau akan ambil foto di lokasi yang viral, seperti Taman Sri Gunting, Gereja Blenduk, poho akar dan Oudetrap. Naik sepeda turunnya di galeri UMKM," imbuh Hevearita Red-Bimo/ist.

Posting Komentar

0 Komentar