Pengadilan Negeri Jakarta Barat Gelar Sidang Kasus Penusukan Wiranto

foto:ilustrasi/ist

Jakarta-BidikFakta.com, Sidang lanjutan kasus penusukan Wiranto, mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan di gelar pada Hari Kamis (28/05/2020).di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Sidang kali ini untuk mendengar keterangan saksi saksi dan mekanisme sidang, masih sama seperti di sidang sebelumnya, yakni hanya dihadiri majelis hakim dan jaksa penuntut umum.
Sedangkan Abu Rara dan Fitria menyaksikan persidangan dari jauh alias tak hadir di ruang sidang melainkan tetap di rutan.

Dalam sidang sebelumnya, Abu Rara dan Fitria didakwa telah melakukan penyerangan terhadap Wiranto dan rombongan pada 10 Oktober 2019 di Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Tak hanya itu, Abu Rara didakwa melakukan tindak pidana terorisme dengan menyatakan diri menjadi pengikut Abu Bakar Al Bagdadi yang merupakan pimpinan ISIS di Suriah
Dalam aksi teror 10 Oktober 2019, Abu Rara berhasil menusuk Wiranto pada bagian perut dan menusuk dada Pemimpin Pesantren Mathla'ul Anwar, Fuad Syauqi. Sedangkan Fitria menusuk punggung bagian belakang Kapolsek Menes Kompol Dariyanto.

Atas perbuatannya, Abu Rara bersama sang istri dijerat Pasal 15 jo Pasal 6 jo Pasal 16 A UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang.

Ancaman hukuman dalam Pasal 6 ialah pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, pidana penjara seumur hidup, atau pidana mati. Sementara Pasal 16 A merupakan ketentuan pemberatan pidana ditambah 1/3 karena melibatkan anak. Red-Mulyadi/ist.

Posting Komentar

0 Komentar