LAPBANGSIT PENANGKAPAN ANGGOTA TNI GADUNGAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK

Ananjuk, bidikfakta.com - Pada hari Sabtu tanggal 05 Desember 2020 sekitar pukul 08.30 sampai dengan 15.15WIB bertempat di wilayah Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk telah ditangkap 2 orang yang mengaku anggota TNI yang meresahkan masyarakat.

1. Pada tanggal 2 Desember 2020 di wilayah Kecamatan Prambon dan Kecamatan Ngronggot Serka Juned (Anggota unit inteldim 0810/Nganjuk) mendapatkan informasi bahwa ada tentara yang membuat resah warga dengan membawa senjata (Pistol) mondar mandir berkeliaran di wilayah Kecamatan Ngronggot.

2. Memperoleh informasi tersebut Serka Juned berusaha mendalami dan mencari tahu siapa oknum tersebut dengan alasan bahwa Kecamatan Ngronggot adalah wilayah kerjanya.

3. Pada hari jumat malam tanggal 4 Desember 2020 pelaku berhasil di hubungi oleh Serka Juned dan dipancing dimintai bantuan untuk mengambilkan mobil dengan imbalan apabila berhasil akan diberi imbalan 10 jt dan pelaku bersedia.

4. Pada hari Sabtu tanggal 5 Desember 2020 pelaku diajak ketemuan oleh Serka Juned di daerah Sekitar pasar kemudian karena pelaku bersedia maka oleh Serka Juned dialihkan diajak ketemuan di warung kopi depan koramil 0810-09/Ngronggot, karena anggota koramil didepan Serka Iin Jafar(Batikomsos) dan Pelda Sumardi serta Serma Eko (anggota Sub Unit PM Nganjuk) sudah standby siap melakukan  penangkapan terhadap anggota TNI Gadungan yang meresahkan di wilayah Kecamatan Ngronggot.

5. Pukul 08.30 WIB pelaku tiba di Warung kopi depan Koramil 0810-09/Ngronggot dan langsung ditangkap oleh Serka Juned, Serka Iin Jafar(Batikomsos dan anggota koramil 0810-09/Ngronggot) dan anggota Sub Unit PM Nganjuk kemudian langsung di bawa ke Makoramil 0810-09/Ngronggot.

6. Adapun biodata pelaku sebagai berikut : 

a. Nama : Anang Muhammad Supriadi.
Umur : 43 tahun
Pekerjaan : Swasta
TTL : Samarinda, 15 Januari 1974
Alamat : perumahan Atpel Samarinda sebrang, Kaltim
Alamat Domisili : Dusun Patuk Tengah RT 02 RW 04 Ds. Kampung baru Kecamatan Tanjunganom Kabapaten Nganjuk.

b.  Nama : Karmuji .
TTL. : Kediri, 30 Desember 1976
Alamat : RT. 04 RT.08 Dsn. Ngemplak Ds. Ngampel Kec. Papar Kab. Kediri.
Pekerjaan : Sopir

7. Adapun barang bukti yang di bawa : 

a. 1 pucuk pistol airsoftgun.
b. 1 pucuk pistol angin.
c. 2 buah KTP atas nama pelaku.
d. 2 buah tas slempang.
e. 1 buah bok hp
f. 1 buah KTA an. Letkol Inf Rudi Andriono
g. 1 buah KTA an. Kopda Santoso Pribadi.
h. 1 buah IDcard an. Mayor Inf Rudi Andriono
i. 2 buah Atm BRI
j. 1 buah ATM Mandiri
k. 1 buah ATM BTN
l. 1 buah ATM BCA
m. 1 buah kartu E toll
n. 2 buah kartu alfamart.
o. 3 buah HP
p. 1 buah power bank
q. 1 buah kacamata hitam
r. 7 buah masker 
s. 2 buah dompet
t. 1 buah gesper
u. 1 buah stnk SPM honda Beat an. Janwar Permana
v. 1 buah Stnk SPM An. Sri Suwarni
w. 2 unit SPM beat dan vixion.
x. 1 buah foto Mayor Rudi Andriono.
y. 1 buah sim A an. Karmuji
z. 1 buah sim C an M. Salim.
aa. 1 buah KTP An. M. Salim.
ab. 1 buah NPWP An. Karmuji.
ac. 1 buah STNK an. A. Kiki Naisarah S.

8. Berdasarkan keterangan dari Anang Muhammad Supriadi diperoleh keterangan : 

a. Ybs memperoleh barang-tersebut dari mess Kodam V/Brw tepatnya di rumah dinas Kol. Inf Rudi Andriono jln. Hayam Wuruk no 45 G  Surabaya.

b. Barang - barang tersebut diperoleh saat bersih-bersih rumah dinas milik Kol. Inf Rudi Andriono karena kol. Inf Rudi pindah ke Malang, pada saat menemukan barang-barang tersebut ybs laporan ke Prada Alpin Jesica dan penyampaian prada alpin agar di kumpulkan dan dibakar akan tetapi ybs ingin menyimpan barang2 tersebut dan penyampaian prada alpin terserah.

c. Bahwa ybs kenal dengan Kol. Inf Rudi dikenalkan oleh Saudara. Kulpiano Sudrajat (Ketua Hipakat Kodim Kediri) dengan harapan disuruh kerja jaga kediaman Kol. Inf Rudi di mess Kodam V/brw jln. Hayam Wuruk no 45 G Surabaya.

d. Bahwa ybs kenal dengan Saudara. Gaguk  Gaguk dan Dusun. Ketangi Desa. Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom sudah sekitar 1 tahun yang lalu pada saat urusan jual beli burung.

e. Bahwa ybs sekitar 3 bulan yang lalu kenal dengan Saudara. Koirul (Pengusaha Kayu) alamat Desa. Cengkok Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk oleh Saudara. Gaguk, pada saat kenalan Saudara. Gaguk mengaku anggota Reskrim dan Saudara. Koirul mengaku sebagai Anggota BIN.

f. Ybs mengaku sebagai TNI hanya kepada Saudara. Andre dan Saudara. Rohmah almt Jl. Pangsud Nganjuk pada saat menagihkan uang milik  Andri yang di pinjam oleh Saudara. Andre sebesar 80 jt (Uang bayar beras).

9. Keterangan oleh Saura Karmuji antara lain : 

a. Ybs kenal dengan Saudara. Anang di gudang Kayu milik Koirul almt Desa. Cengkok Kecamatan Ngronggot, ybs taunya kalau Saudara. Anang tentara karena pernah memakai seragam tentara waktu berada di rumah  Khoirul(Gudang kayu).

b. Bahwa ybs memiliki pistol angin karena pinjam kepada  Imron (Sopir) alamat Dusun. Sawahan Desa. Payaman Kecamatan Plemahan Kabupaten kediri. 

c. Ybs meminjam pistol angin tujuannya untuk menakut nakuti makelar Heri (Kediri), karena ybs menggadaikan mobil truknya kepada  Heri melalui Gaguk dengan alamat Dusun. Ketangi Desa. Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom, karena sudah jatuh tempo dan truk mau diambil  Gaguk selalu alasan bahwa  Heri tidak ada ditempat makanya ybs jengkel dan ingin menakuti nakuti Heri dengan meminjam pistol angin tersebut

d.Gaguk teman dekat  Anang makanya Karmuji percaya menggadaikan truknya ke  Heri, waktu transaksi berada di gudang kayu milik  Khoirul (Cengkok).

e. Ybs tidak pernah mengaku sebagai anggota TNI ataupun Polri, ybs pinjam pistol angin hanya untuk menakut nakuti  Heri yang selalu menghindar tidak mau menemui karena truk nya sudah mau diambil/ditebus.

f. Bahwa ybs diajak oleh  Anang untuk menemui Serka Juned karena dimintai tolong untuk mengambil mobil yg di gadai milik Serka Juned yang susah untuk diambil dengan imbalan apabila berhasil akan di beri imbalan 10 jt.

10. Pukul 12.00 s.d 12.50 WIB Anang diantar ke rumah tinggalnya di Dusun. Patuk Tengah RT 02 RW 04 Desa. Kampung baru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk oleh Serka Juned dan anggota koramil 0810-09/Ngronggot sesampai dirumahnya dilaksanakan penggeledahan barang-barang ybs yang berbau militer diperoleh barang sebagai berikut:

a. Tas cangklung warna hitam dengan tempelan pangkat serka (PDH) TNI.
b. Tas doreng
c. 2 buah celana Soreng
d. 1 buah sangkur Aktor
e. 1 buah Pistol revolver korek 
f. 1 buah Wing para dasar
g. 7. Buah Pin bintang 
h. Tanda jasa 8 tahun
i. 2 buah Tanda jabatan Komandan

11. Pukul 15.30 WIB pelaku dibawa oleh Anggota Sub Unit PM Nganjuk untuk diserahkan ke Polres Nganjuk.

1. Bahwa pelaku merupakan anak tentara yang ikut tergabung dalam HIPPAKAD di bawah naungan Kodim Kediri dengan Ketua Kolpianus Sudrajat alamat Dusun. Sono Desa. Bogo Kecamatan Bogo.

2.  Anang memperoleh barang-barang yang berbau militer pada saat membersihkan rumah dinas mees Kodam V/Brw milik Kol. Inf Rudi Andriono dan mengambil barang2 milik Kol. Inf Rudi Andriono dengan dalih disimpan untuk kenang- kenangan.


3. Saat ini permasalahan ditangani oleh pihak Sub unit PM Nganjuk dan Polres Nganjuk.


Demikian bangsit dilaporkan pada kesempatan pertama. 

Bidikfakta melaporkan.

Posting Komentar

0 Komentar