Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Siap Mengawal dan Mensukseskan Pembangunan IKN Nusantara

Balikpapan - bidikfakta.com, Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Angelina Purba beranggapan bahwa, terkait perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur adalah merupakan hal yang sangatlah baik.

Sebab menurutnya, selain berdampak positif guna memajukan infrastruktur maupun perekonomian di pulau Kalimantan khususnya Provinsi Kalimantan Timur, perpindahan IKN juga dapat mengurangi jumlah polusi dan sampah yang ada di ibu kota Negara sebelumnya.

"Karena dengan perpindahan masyarakat ke Kalimantan artinya hal itu mengurangi jumlah penghasil sampah yang ada di Jakarta. Dan juga dampak positif lainnya yaitu dalam bidang sosial, sebab lebih banyak masyarakat dari luar daerah yang mengenal Kalimantan Timur," kata Angelina Purba Putri, Pada Minggu (23/4/2023).

Angelina melanjutkan, adapun kesiapan daya dukungnya sebagai Duta lingkungan hidup dengan adanya IKN Nusantara yakni, pihaknya telah membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang cukup untuk mengetahui kondisi lingkungan saat ini. Serta, mengajak masyarakat untuk peduli dan melakukan aksi nyata terhadap lingkungan. 

"Sebagai seorang Duta di era digital saat ini, kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan peran sosial media dalam menginves orang lain, dan mengajak mereka untuk melakukan aksi nyata terhadap lingkungan kita," tegasnya.

Di sisi lain, Angelina mengaku hadirnya IKN pun memberikan tantangan dari bertambahnya jumlah penduduk. Dan hal demkian, kata dia, dapat merubah pola pikir masyarakat lokal, sehingga menyebabkan peradaptasian kembali bagi putra daerah dalam berbagai hal, baik sesama manusia maupun terhadap lingkungan.

"Karena habit orang Indonesia yang lebih suka memakai kendaraan transportasi untuk mobilitas, menyebabkan emisi kendaraan bermotor bertambah seiring dengan bertambahnya penduduk di Kalimantan. Namun saya yakin pemerintah dengan konsep green energinya, dapat menciptakan ibu kota negara yang bebas dari polusi," ujarnya.

Adapun upaya lain yang sejatinya dilakukan Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dalam rangka menyambut hadirnya IKN Nusantara, di mana kelompoknya tengah mempersiapkan Duta Lingkungan Hidup tahun 2023 selanjutnya, guna meneruskan tongkat estafet perjuangan dalam menjaga dan memelihara lingkungan, juga memerangi bahaya kerusakan lingkungan.

Kemudian, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk melakukan aksi nyata terhadap lingkungan untuk mengubah menjadi lebih baik. 

"Kami Duta Lingkungan Hidup Kota Balikpapan siap mensukseskan pembangunan ibu kota negara yang mengusung konsep green city, green forest dan green energi," ungkapnya.

Ditambahkannya, hal yang dapat dilakukan sebagai generasi muda  untuk menyukseskan pembangunan IKN itu adalah belajar dengan giat, sehingga penerus lokal dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kalimantan, supaya bisa bersaing dan terlibat langsung dalam pembangunan Ibu Kota baru tersebut.

"Kami Duta Lingkungan Hidup siap mengawal dan mensukseskan pembangunan IKN agar selesai sesuai dengan target yang ditentukan Pemerintah Pusat," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar