PDKT Balikpapan Siap Berkolaborasi dan Bersinergi Bersama TNI-POLRI Dalam Menjaga Kondusifitas Pembangunan IKN Nusantara

Balikpapan - bidikfakta.com, 👆Ditetapkannya Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Pemerintah Pusat, Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Cabang Kota Balikpapan mengatakan sangat bersyukur dan sejatinya sangat mendukung perpindahan Ibu Kota baru tersebut.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Ya, hal itu diutarakan oleh Ketua Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Cabang Kota Balikpapan, Lampang Bilung. Apalagi, Balikpapan yang berada di wilayah IKN, sekarang telah menjadi kota penyanggah. 

"Kami sangat bangga karena Kota Balikpapan adalah salah satu penyangga daripada IKN. kami merasakan anugerah yang luar biasa sebab kami juga di Balikpapan merasa terlibat untuk bisa masuk ke dalam Otorita IKN," kata Lampang Bilung," Rabu (5/4/2023).

Adapun dari bentuk dukungan itu, PDKT Kota Balikpapan selama ini sudah mempersiapkan diri untuk bisa bersaing dalam perihal ketersedian Sumber Daya Manusia (SDM), dengan banyaknya jumlah pendatang yang akan hadir di IKN.

Kemudian, pihaknya sudah mengikuti banyak pelatihan baik itu pertukangan, UMKM dan banyak hal lainnya. Itu dilakukan demi upaya mempersiapkan diri guna berkompetisi dengan para pendatang yang berdatangan.

"Persiapan yang telah kami lakukan merupakan bentuk dukungan kami terhadap IKN Nusantara," ungkap Lampang.

"Kedatangan warga luar merupakan sebuah tantangan bagi penduduk lokal. Namun demikian, kami sudah bersiap bersaing selama masih diberikan peluang dan kesempatan yang sama," tambahnya.   

Selain itu, tantangan lainnya yang dihadapi adalah keterbatasan untuk masuk dalam mengelola peluang yang ada di IKN Nusantara. Karena, kata dia, meliputi kendala dengan kenaikan harga sewa rumah dan kontrakan. Sedangkan untuk desain perumahan/tower IKN tidak memungkinkan untuk dibuat menjadi dapur umum. 

"Sehingga kami dalam menyediakan catering harus mengambil dari luar," bebernya.

Kendati begitu, Persekutuan Dayak Kalimantan Timur khususnya Kota Balikpapan sejatinya siap berkolaborasi dan bersinergi bersama TNI-POLRI dalam tujuan menjaga pembangunan IKN Nusantara.

Siapapun yang akan menghambat pembangunan tersebut, organisasinya siap menjadi garda terdepan untuk membantu terwujudnya IKN sehingga dapat terlaksana dengan baik pada tahun 2024. 

"Kami juga sangat berterima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Pak Joko Widodo yang sudah memilih Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar