Polres Purbalingga Siap dan Jamin Keamanan Mudik dan Lebaran 2023

Polres Purbalingga - bidikfakta.com, Polres Purbalingga siap untuk mengamankan rangkaian kegiatan mudik hingga lebaran tahun 2023. Hal tersebut tampak saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 di Alun-alun Purbalingga, Senin (17/4/2023) pagi.

Bertindak selaku pimpinan apel yaitu Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Dandim 0702 Letkol Dipo Sabungan Lumban Gaol dan Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan. Peserta apel adalah personel gabungan, TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Dalam amanat apel, Bupati Purbalingga membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Isi amanat diantaranya apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. 

"Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H," ucapnya membacakan amanat. 

Disampaikan bahwa berdasarkan Survei Indikator periode 5 s.d. 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.  

"Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat 2023, selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023," jelas bupati dalam amanat.  

Lebih lanjut disampaikan operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 - 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 - 9 Mei 2023.  
Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan mitra kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan usai apel mengatakan personel yang diterjunkan dalam pengamanan Operasi Ketupat Candi 2023 di Kabupaten Purbalingga sebanyak 416 personel. Jumlah tersebut terdiri dari personel Polri, TNI dan instansi terkait lainnya.

"Harapan kami dengan kerja sama dan sinergitas pengamanan dengan seluruh stakeholder yang ada, kegiatan mudik dan perayaan lebaran 2023 di Kabupaten Purbalingga dapat berjalan aman dan nyaman bagi masyarakat," ucapnya.

Ditambahkan bahwa dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2023 Polres Purbalingga menyiapkan tujuh pos pengamanan, empat pos pelayanan dan dua pos terpadu. Pos pengamanan ada di Alun-alun Purbalingga dan enam objek wisata masing-masing Owabong, Golaga, Dlas, Purbasari Pancuran Mas, Taman Reptil dan Pemandian Walik.

Pos pelayanan ada di Pos Pelayanan Jompo Kalimanah, Pos Pelayanan Brak Bukateja, Pos Pelayanan Rest Area Karangreja dan Pos Pelayanan Rest Area Masjid Cheng Ho Mrebet. Sedangkan Pos terpadu ada di Terminal Purbalingga dan Terminal Bobotsari.

(Sokim)

Posting Komentar

0 Komentar