Yogyakarta : Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran.

foto: ilustrasi / Gunung Merapi Yogyakarta. ist

Yogyakarta-Bidikfakta.com, Sabtu malam Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta Jawa Tengah mengeluarkan awan panas guguran. diperkirakan memiliki jarak luncur mencapai satu kilometer.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan luncuran awan panas guguran Merapi yang terjadi pada pukul 20:15 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 55 mm dan durasi kurang lebih 105 detik. Minggu (5/1/20).

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengkonfirmasi bahwa berdasarkan durasi, jarak luncur awan panas diperkirakan sekitar satu kilometer. kendati tidak terpantau secara Visual, ungkapnya. Awan panas juga dilaporkan menimbulkan hujan abu tipis di sekitar Cepogo, Boyolali Jawa Tengah.

"Masyarakat diimbau mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik, " BPPTKG " ungkapnya. 

Sementara ini, Gunung Merapi masih mempertahankan status pada level II atau waspada. BPPTKG menghimbau sementara tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

lanjut, BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Masyarakat juga diminta tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan Gunung Merapi, media sosial BPPTKG, atau ke kantor BPPTKG.Red-Bimo/ist.


Posting Komentar

0 Komentar