Menyambut IKN Nusantara Pokdarwis Pantai Cemara Balikpapan Akan Melakukan Program Pengembangan Wisata Berbasis Lingkungan Ekonomi dan Sosial.

Balikpapan - bidikfkta.com, Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara disambut suka ria oleh seluruh lapisan masyarakat Kalimantan Timur terkhususnya warga Balikpapan. Kenapa tidak, sebab, selain memberikan dampak positif perekonomian, perpindahan IKN juga memberikan peningkatan peluang kepada para pelaku usaha yang notabene nya berhuni di Balikpapan selaku pintu gerbang IKN.

Ya, anugerah itu juga tidak luput dari pandangan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Cemara Kota Balikpapan. Karena adanya Ibu Kota baru tersebut, merupakan kesempatan mulia yang paling dinanti-nanti oleh para kelompok wisata.

Rudiansyah selaku ketua Pokdarwis Pantai Cemara Balikpapan mengatakan, bahwa kehadiran IKN Nusantara merupakan hal yang sangat menggembirakan dan perlu disyukuri. Dan pihaknya sebagai warga yang tinggal di kota penyangga IKN sangat mensupport dan mendukung dengan perpindahan tersebut.

"Baru mendengar bahwa momennya akan dijadikan Kaltim sebagai IKN saja kami sudah senang, apalagi ini sudah proses pembangunan berjalan," kata Rudiansyah, Rabu (12/4/2023).

Adapun sebagai bentuk dukungan dalam menyambut IKN Nusantara, lanjutnya, pihaknya pun turut mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Seperti memberikan pelatihan cara menerima pengunjung/wisatawan ke kawasan wisata Kota Beriman.

"Upaya lain yang telah kami lakukan antara lain yakni, membangun sarana prasarana penunjang khususnya membangun spot-spot selfie/berfoto, dan akan melakukan program pengembangan wisata yang berbasis lingkungan ekonomi dan sosial," terang Rudiansyah.

Guna memperkokoh posisi wisata pantai di areanya, kata dia, ke depannya pihaknya akan membangun wisata bahari yaitu membangun jembatan keluar dari pantai, agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan khususnya warga kampung nelayan. 

Menurutnya, IKN sudah memperlihatkan dampak positif, di mana UKM di area Pokdarwis Pantai Cemara bisa ikut berkembang dari jumlah pengunjung yang terus meningkat. Sebab, rata-rata per-bulannya jumlah wisatawan bisa mendekati diangka 200 ribu pengunjung yang berkunjung ke Pantai Cemara. 

"Dengan adanya IKN, Kota Balikpapan yang sebagai penyangga bisa meningkatkan pengunjung sebanyak 80 persen," terangnya.

Walau demikian, adanya IKN juga menghadirkan tantangan. Maka dari itu, pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah bersama stakeholder-stakeholder.

Kendati begitu, diakuinya, tantangan terberat ialah merubah mindset masyarakat lokal, agar bagaimana mau menerima wisata-wisata daerah sendiri dengan kemungkinan bersaing dengan wisata baru yang nantinya akan bermunculan.

"Terutama sapta pesona harus kita terapkan terus, agar bagaimana kenyamanan-kenyamanan pengunjung yang datang ke sini bisa kembali lagi ke sini," pintanya.

"Kendala kami itu juga adalah SDM nya yang kurang mendapatkan pelatihan. Maka diharapkan Pemerintah Kota perlu memperhatikan kita dalam hal pelatihan-pelatihan memandu wisata, agar kita bisa bersaing dengan pelaku wisata dari luar," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar