Ketua Forum Kewirausahaan Pemuda Balikpapan : Dampak Adanya IKN Nusantara Balikpapan Sebagai Kota Penyangga Akan Berdatangan Tamu dan Diplomasi.

Balikpapan - bidikfakta.com, Berpindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) berdampak positif dan disambut baik oleh seluruh kalangan masyarakat Kalimantan, salah satunya Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Balikpapan.

Ketua Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Balikpapan Jeremi Hafiz menerangkan berkaitan kesiapan pemuda dalam mengawal proses pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

"Dengan ditetapkan Kaltim oleh Pemerintah sebagai Ibu Kota Nusantara, Kami  Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Balikpapan sangat mendukung dan menyambut baik. Kota Balikpapan sebagai salah satu daerah penyangga akan banyak berdatangan kunjungan tamu ataupun diplomasi. Hal ini sangat membuat kami sangat berantusias dalam berwirausaha," terangnya pada Senin (20/3/2023).

Ia menjelaskan, Kami Forum Kewirausahaan Pemuda Kota balikpapan, memiliki banyak persiapan yang matang dan juga perencanaan yang visioner di mana jika kami membangun sebuah wirausaha kami ingin mencetak profesionalitas. Mereka tidak hanya membangun usahanya, tetapi karakter profesionalnya juga terbangun, salah satu program unggulan kami adalah bootcamp wirausaha, di mana kami mengumpulkan banyak wirausaha di Kota Balikpapan dengan usia 16-30 tahun. Artinya masih produktif dan masih aktif, mereka akan diberikan pengetahuan bahkan challenge untuk membangun usahanya agar substans.

"Saat ini banyak generasi muda Balikpapan yang sudah Go Nasional bahkan Go Internasional. Dengan adanya IKN, maka generasi muda Balikpapan nantinya diharapkan dan memiliki peluang untuk terlibat dan bekerja di IKN sesuai dengan bidang masing-masing," ujarnya.

Kemudian, Forum Kewirausahaan Pemuda juga banyak mempunyai kendala-kendala yang harus diperhatikan khususnya bagi Pemerintah Kota Balikpapan. Forum Kewirausahaan Pemuda memiliki banyak resiko, salah satu resiko yang harus diperhatikan adalah lemahnya mental wirausaha. Artinya ketika seseorang sedang memulai suatu usaha, namun harga dan penawarannya tidak sesuai yang diharapkan.

"Dengan adanya IKN maka akan banyak berdatangan tenaga kerja profesional dari luar Kalimantan khususnya Kaltim seperti dari Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi. Hal ini yang dapat menjadi tantangan bagi SDM lokal khususnya Balikpapan untuk dapat bersaing dengan SDM pendatang yang rata-rata sudah lebih baik dan profesional," ungkapnya.

Selain itu, Masalah pangan juga merupakan kendala karena pangan di Balikpapan khususnya di Kaltim sangat sulit. Hingga saat ini kebutuhan pangan di Balikpapan masih dikirim dari Jawa. Hal ini disebabkan Kota Balikpapan yang merupakan Kota industri, maka tidak ada masyarakat yang menanam padi, bertani, berternak dan berkebun.

"Dengan adanya IKN di Kaltim Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Balikpapan akan berdampak positif. Artinya kami akan mendapatkan akses penuh dalam channel wirausaha di mana orang-orang Jakarta juga akan membangun cabang dan membangun perkantoran di sini dan menandakan kita membuka relasi lebih luas lagi, Kita akan mendapatkan banyak hal dukungan, salah satunya seperti IKN tidak akan membiarkan pemuda-pemuda di sekitar kita terbengkalai, pasti akan membuat sebuah program khusus ke pemudaan, program wirausaha, bahkan membantu seluruh wirausaha yang kita punya untuk terus berkembang," ucapnya.

Pria yang kerap disapa Hafiz menambahkan, Diplomat lintas negara banyak yang akan kesini dan mereka membuka invest-invest kepada kita bahwasanya kita bisa  mengekselerasikan usaha-usaha kita dengan bantuan support dari diplomat-diplomat lintas negara. 

"Kepemudaan kita di sini talenta, kita memang secara bertahap lagi berkembang, tetap adanya IKN perkembangan itu tidak lagi sebutannya lambat melainkan sangat cepat, sehingga kita pun harus cepat juga beradaptasi, maka dengan adanya IKN talenta-talenta yang akan tumbuh dan berkembang di Balikpapan khususnya akan menjadi tenaga profesional yang tidak bisa dikatakan lemah, bahkan bisa bersaing dengan internasional, inilah yang menandakan bahwasanya positif banget adanya IKN di sini," kata Hafiz.

Selanjutnya, Saat ini Balikpapan memiliki banyak SDM yang baik, berpotensi dan profesional. Dengan adanya IKN, Balikpapan akan lebih baik dan maju bahkan Kota Balikpapan akan bisa menjadi salah satu kota terkenal di dalam negeri bahkan hingga manca negara. Oleh karena itu akan lebih baik jika SDM-SDM yang bertalenta di Kota Balikpapan nantinya dapat berkerjasama dan berkolaborasi dengan Sdm-Sdm pendatang untuk membangun infrastruktur-infrastruktur di IKN agar setelah pembangunan IKN selesai akan menjadi negara yang modern dan maju.  

"Generasi muda di Balikpapan sangat taat kepada aturan, disiplin, memiliki pengetahuan yang bagus, semangat yang baik dan siap berkompetisi. Dengan adanya Sdm-Sdm sudah baik dan bertalenta, maka  sudah sangat memenuhi ekspektasi di IKN," pungkasnya.

Humas Nasional Bidik Fakta Hardiyanto.

Posting Komentar

0 Komentar